SEKILAS INFO
: - Jumat, 12-08-2022
  • 6 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Menerapkan Disiplin Pada Remaja

Setiap orang tua berusaha untuk mengajarkan sikap disiplin kepada anaknya, dengan harapan agar kelak mereka dapat menjalani hidupnya secara mandiri. Namun tak jarang ada anak yang sulit mengerti hal tersebut. Sehingga mengakibatkan selisih paham antara anak dan orang tua.. Khususnya bagi remaja, menerapkan kedisplinan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan ketika anak memasuki usia pra-remaja, ia mulai memasuki masa transisi yang mana membutuhkan pendekatan berbeda. Pendekatan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, membuat kerjasama kepada anak. Terkadang orang tua perlu membuat batasan jam ketika anak beraktivitas di luar jam belajarnya. Misalnya ketika anak ingin pergi bersama dengan teman-temannya. Akan lebih baik jika orang tua tidak sekedar mengizinkan, namun juga memberikan batas waktu atau jam pulang kepada mereka.

Pendekatan kedua adalah memberi contoh. Untuk menanamkan sikap disiplin pada anak usia remaja, sebagai orang tua kita harus memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Sikap, perilaku dan kebiasaan orang tua akan dilihat, dinilai dan justru ditiru oleh anak-anaknya karena orangtua adalah role model utama bagi mereka. Maka dari itu penting bagi orang tua memberikan contoh melalui kegiatan sehari-hari dalam menerapkan sikap disiplin.

Terakhir adalah komunikasi. Penting bagi orang tua menjelaskan dengan jelas apa masalah yang terjadi. Anak remaja kurang menyukai sifat orang tuanya yang otoriter. Anak lebih menyukai orang tua yang memiliki aturan demokrasi dan mengedepankan diskusi dalam pemecahan masalah. Maka dari itu orang tua perlu membangun pendekatan pada anak. Serta memberikan pemahaman kepada anak mengenai alasan perlunya bersikap disiplin.

Masa remaja adalah tahap perkembangan di mana individu sedang berada pada tahap mencari jati diri, memiliki keingintahuan yang besar dan ingin mencoba mengeksplore berbagai hal di lingkungan sekitar. Untuk itu orangtua wajib untuk tetap mengawasi dan memberikan dukungan agar tidak menyimpang. Salah satunya dengan mengajarkan kedisiplinan. Karena kedisiplinan merupakan salah satu kunci keberhasilan.

 

Penulis : Yunika Intan Wahyuningrum, S.Pd.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaPembelajaran Berbasis Produksi Pengumuman setelahnyaKesehatan Mental Remaja Selama Pandemi

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2022
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031