SEKILAS INFO
: - Kamis, 18-07-2024
  • 1 bulan yang lalu /
  • 11 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 78 MERDEKA NEGERI KU MERDEKA BANGSA KU
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
SMKN 1 Tuntang merayakan HUT Republik Indonesia KE 78

SEMARAK KEMERDEKAAN RI KE-78 DI SMK N 1 TUNTANG

SMK Negeri 1 Tuntang melaksanakan berbagai perlombaan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 78 Tahun 2023. Perlombaan Peringatan HUT RI dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu tanggal 15-16 Agustus 2023 di lapangan sekolah dan diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, XII SMK Negeri 1 Tuntang. Perlombaan yang dilakukan saat hari kemerdekaan biasanya mengambil manfaat permainan tradisional dan olahraga. Adapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2023.

Rangkaian perlombaan diawali dengan mengikuti apel pagi, melaksanakan pembiasaan Asmaul Husna, berdoa bersama kemudian pembacaan susunan acara pelombaan, dan pengarahan  aturan main dalam perlombaan.  Perlombaan hari pertama dimulai dengan lomba makan krupuk antar kelas, dilanjutkan dengan lomba gobak sodor dengan jumlah peserta masing-masing regu 5 orang. Selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah lomba tarik tambang. Lomba-lomba beregu dalam memperingati HUT kemerdekaan RI ini mengandung makna bahwa untuk mencapai kemenangan sangat dibutuhkan kerjasama dan kekompakan dari semua anggota tim. Rangkaian kegiatan lomba pada hari pertama ditutup dengan lomba bola volly putra dan putri. Pada hari kedua, masih dilanjutkan dengan kemeriahan perlombaan di antaranya lomba menghias tumpeng dengan tema perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78, lomba estafet sarung, lomba menyanyi, lomba estafet air dan lomba pecah air.

Perlombaan demi perlombaan diikuti oleh siswa dengan semangat dan meriah. Menurut ibu Nurul Rahayu Susiawati, S. Pd. selaku ketua panitia perlombaan perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia “Tujuan diadakannya perlombaan di satuan Pendidikan termasuk di SMK Negeri 1 Tuntang yaitu untuk memupuk rasa cinta tanah air dengan mengingat perjuangan para pahlawan, mengenang sejarah perjuangan bangsa, menghargai nilai-nilai luhur bangsa dan keberagaman budaya Indonesia”. Mengadakan lomba untuk menyambut hari kemerdekaan, tidak hanya untuk sekedar bersenang-senang saja, akan tetapi ternyata banyak sekali makna atau manfaat lomba perayaan HUT RI yang bisa didapat, antara lain untuk mengenang jasa para pahlawan. Hasil dari perjuangan para pahlawan adalah kehidupan masyarakan Indonesia sekarang ini. Masyarakat Indonesia sekarang dapat bebas tertawa, bermain dan melakukan semua yang diinginkan tanpa dibayangi rasa takut akan penjajah.

Dengan adanya lomba 17 Agustus, dapat menjadi pengingat bahwa Indonesia pernah dijajah dan telah dibebaskan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan. Di samping untuk mengenang jasa para pahlawan, tentunya lomba 17 Agustus juga digunakan sebagai perayaan hari jadi Indonesia setiap tahunnya. Setelah semua jasa pahlawan yang telah gugur, kemerdekaan Indonesia selalu dirayakan dengan bersuka cita. Manfaat lainnya yaitu meningkatkan kebersamaan dan persatuan, momen lomba 17 Agustus adalah salah satu momen dimana semua masyarakat berkumpul baik sebagai panitia, peserta lomba maupun penonton dengan rukun. Manfaat hidup rukun bisa didapatkan karena semua masyarakat dari berbagai ras, agama maupun suku bercampur baur menjadi satu dalam perlombaan. Selanjutnya dalam perlombaan tentu saja dapat melatih kerjasama tim dan kekompakan. Hal yang tidak kalah penting manfaat dari mengikuti pelombaan 17 agustus  yaitu meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

Penutup dari rangkaian perlombaan dalam rangka merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah pembagian hadiah bagi para pemenang lomba,  yang dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Agustus 2023. Seluruh pemenang lomba sangat antusias dan bergembira menerima hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

 

Penulis : Putri Wahyuningsih, S.Pd Guru SMK N 1 Tuntang

Editor : Umi Futikhah, S.PdI Guru SMK N 1 Tuntang

1 komentar

Lastin Sulastri, Rabu, 23 Agu 2023

SMKN 1 Tuntang is the best

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773
TELEPON 085641080982
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juli 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031