SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Kepala Sekolah Sebagai CIO

Membangun sekolah tidak jauh beda dengan membangun perusahaan. Tetap bicara untung dan rugi agar jalannya organisasi tetap on track. Apalagi membangun sebuah sekolah dalam kondisi awal yang luar biasa tantangannya. Dalam bahasa Dr. Budiono dari Unnes ketika melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) kerjasama Unnes dengan SMKN 1 Tuntang, membangun sekolah satu atap seperti membangun bisnis startup. Atau bahasa lebih gampangnya sekolah babad alas.

Maka membangun sekolah kecil dengan tantangan luar biasa harus dipimpin oleh kepala sekolah yang out of box, berpikir diluar kotak, berpikir lateral dan visioner. Salah satunya adalah kepala sekolah harus menjadi seorang CIO. Apa itu CIO?

Istilah CEO (chief executive officer) telah lama dikenal dalam kosa kata bisnis ialah setiap orang tahu bahwa CEO adalah orang yang memilki pengaruh paling kuat dalam operasi perusahaan, dan umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewan direksi. Istilah seperti CFO, yaitu chief finansial officer, dan COO, yaitu chief operating officer, juga telah dikenal. Pada tahun 1980-an diciptakan istilah yang serupa untuk manajer jasa informasi. Istilah itu adalah CIO, yaitu chief information officer. Istilah CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar suatu gelar. Istilah ini memiliki pengertian suatu peran yang seharusnya dilaksanakan oleh manajer jasa informasi tingkat puncak. Seperti dimaksudkan oleh konsep tersebut, chief information officer (CIO), adalah manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagai bidang lain dari operasi perusahaan.

Menurut  Mitzberg,  manager  memainkan 10  peranan yaitu Tiga peranan  interpersonal   (figurehead,  leader,   liaison),   Tiga   peranan   informational   (monitor,   diseminator,   spokesman),  dan Empat peranan  pengambilan keputusan (entrepreneur, distrubance handler, resource allocator, dan negotiator).

Agar lebih mudah dimengerti, saya paparkan peran managerial CIO. Yang pertama adalah Leader, artinya sebagai   pemimpin,   CIO bertanggungjawab   membimbing,   merekrut,   melatih,  dan  memotivasi kader Teknologi Informasi.  Yang kedua Spokesman, artinya peranan   ini  menyangkut   aktivitas   yang  mempersyaratkan  CIO mengembangkan kontak organisasional di luar departemennya ke bagian-bagian lain di dalam organisasi. Dalam hal ini, CIO terlibat dalam kegiatan produksi, distribusi, marketing, dan keuangan. Yang ketiga adalah monitor, artinya CIO harus mengenali lingkungan eksternal agar bisa mengikuti perkembangan teknologi  dan   lingkungan   kompetisi.   Dalam   berperanan   sebagai   inovator   teknologi   perusahaan,   CIO mengidentifikasi ide-ide baru dari sumber-sumber di luar organisasi. Untuk itu, CIO memanfaatkan banyak sumber termasuk kontak dengan vendor, relasi profesional, dan jaringan kontak personal. Yang keempat adalah Liaison, artinya    CIO   harus   berkomunikasi   dengan   lingkungan   eksternal   termasuk   mempertukarkan informasi dengan pemasok TI, konsumen, pembeli, analis pasar, dan media massa.

Peran selanjutnya adalah Entrepreneur, dalam hal ini   CIO   mengidentifikasikan  kebutuhan   bisnis   dan   mengembangkan   solusi   yang  mengubah situasi  bisnis sebagai peran yang keempat. Tanggungjawab utama CIO adalah menjamin bahwa peluang  teknologi  yang   berkembang   dengan   cepat   benar-benar   dipahami,   direncanakan,  diimplementasikan,   dan  secara strategik dieksploitasikan di dalam organisasi. Dan yang terakhir Resource  allocator, artinya  CIO harus  menentukan bagaimana  mengalokasikan SDM,  keuangan,  dan sumberdaya informasi.

CIO adalah ilmu baru bagi saya dan terus saya pelajari. Salah satu strategi yang diterapkan di SMKN 1 Tuntang terkait dengan CIO adalah Ekspos. Alhamdulillah dua tahun berjalan, strategi ini mulai menuai hasil.

Semarang, 14 Januari 2020.

5 komentar

Martin, Selasa, 14 Jan 2020

Luar biasa

Balas

Suryani, Selasa, 14 Jan 2020

Hebat luar biasa Pak Ardhan, sambil menyelam minum air… ada hasil yang luar biasa hebat.

Balas

    admin, Rabu, 15 Jan 2020

    Ini cara saya belajar Bu

    Balas

FUAD DULKHIROM, Selasa, 14 Jan 2020

Ya saya yakin langkah langkah inilah yang membuat sekolah njenengan berkibar dalam berbagai hal, saya mencoba menerapkan konsep ini, hambatan terbesar adalah membangun sinergi,mengubah culture….

Balas

    admin, Rabu, 15 Jan 2020

    perlu visi yang sama Bapak

    Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930