SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Tadarus & Kultum: Renungan Pagi Membaca Al Qur'an

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Selamat pagi Indonesia. Happy Thursday! Alhamdulillah tak terasa kita sudah memasuki hari Kamis, 15 Juli 2021 yang hangat dan cerah. Seperti biasa kami awali hari ini dengan kegiatan tadarus dan kultum, secara online melalui Google Meet. Kegiatan  dimulai pada pukul 07.30. Hari ini kami membaca surat Al Munaafikun. Kemudian dilanjutkan dengan kultum, yang disampaikan oleh Ibu Tutik Widiyandari, S.Pd.

Kultum yang disampaikan merupakan renungan pagi untuk membaca Al Qur’an. Abdul Malik bin Umair berkata, “Satu-satunya manusia yang tidak tua adalah orang yang selalu membaca Al-Quran” dan “Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-Quran.” Sedangkan Al-Imam Qurtubi mengatakan, “Barang siapa yang membaca Al-Quran,  maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun.” Di sisi lain Imam besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rahimahullah, “Perbanyaklah membaca Al-Quran jangan pernah kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan dimudahkan setara dengan yang kamu baca.” Apalagi Ibnu Solah juga menyampaikan, “Bahwasannya para Malaikat tidak diberi keutama’an untuk membaca Al-Quran, oleh karena itu para Malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari bacaan manusia.”

Berkatalah Abu Zanad, “Di tengah malam, aku keluar menuju masjid Rasulullah SAW sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca Al-Quran.” Juga berkata sebagian ahli tafsir, “Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-Quran maka kita akan dibanjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia. Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufiqnya kepada Kami dan semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca Al-Quran dan mengamalkan kandungannya.” Bila anda cinta pada Al-Quran maka sebarkanlah. Demi Allah, sekian banyak orang yang membaca Al-Quran maka pahala akan mengalir pada anda.

Karena apa? Karena umur kita terlalu singkat, maka Allah karuniakan baca Surah Al-Ikhlas seperti membaca sepertiga Al-Quran. Umur kita terlalu singkat, hingga Allah karuniakan  Lailatul Qadar untuk menambah umur dan amal. Umur kita terlalu singkat, maka Allah menyuruh kita untuk bersilaturahmi. Umur kita terlalu singkat, maka Allah karuniakan Shalat berjamaah nilainya 27x lebih daripada solat sendirian. Hidup terlalu singkat maka Allah satu huruf bacaan Al-Quran dengan 10 pahala/kebaikan. Pembaca yang budiman, hidup ini terlalu singkat, maka janganlah sia-siakan kesempatan yang diberikan Allah SWT. Semoga kita semua masuk ke dalam golongan hamba yang pandai memanfaatkan waktu, aamiin ya rabbal alamin.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031