SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Teknologi Pendidikan Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Data World Economic Forum pada kuartal kedua 2020 menunjukkan kegiatan belajar sekitar 1,2 miliar anak di dunia terganggu akibat pandemi Covid-19. Kegiatan belajar-mengajar yang awalnya bersifat tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh. Merespons fenomena tersebut, guru dituntut untuk menguasai teknologi pendidikan.

Prawiradilaga & Evelin, S (2007) mensyaratkan teknologi pendidikan antara lain yang pertama Ilmiah, yaitu teknologi pendidikan telah teruji melalui serangkaian penelitianatau pengembangan teori. Yang kedua terbuka, berarti teknologi pendidikan dapat diubah, disesuaikan dengan situasi belajar mengajar. Yang ketiga Inovatif, adalah penyesuaian terhadap masukan bidang lain agar tetap berhasil dalam proses belajar. Kemudian Sistemik, yaitu alur berpikir yang menekankan keterhubungan antar komponen serta pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan belajar. Dan yang terakhir Technology phobia vs technology fever (fobiateknologi vs demam teknologi).  Seringkali ada orang yang ‘takut’ (terkena aliran listrik) atau ragu-ragu untuk menggunakan teknologi karena kemungkinan teknologi tadi terlihat rumit dan tidak akrab. Namun terkadang ada orang yang ‘sangat’ menyukai teknologi sehingga sangat tergantung akan keberadaan teknologi.

Siapapun yang bergerak dalam bidang teknologi apapun dituntut bersifat terbuka, berwawasan luas, dan dinamis. Dalam hal ini, individu tersebut dapat dengan mudah menerima inovasi, dan mempromosikan inovasi itu sendiri agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Berkaitan dengan istilah yang sering digunakan oleh orang, instansi atau lembaga dalam teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran seringkali membuat pengguna merasa bingung.

Beberapa jenis aplikasi komputer biasanya disebut Computer Based Instruction (CBI), Computer Assisted Instruction (CAI), atau Computer Managed Instruction (CMI). Pengaplikasiannya dapat bersifat tutorial, di mana pembelajaran utama diberikan (1) latihan dan perulangan untuk mengembangkan kefasihan dalam bahan yang telah dipelajari, (2) permainan dan simulasi untuk memberi kesempatan menggunakan pengetahuan yang baru dipelajari, dan (3) sumber data yang memungkinkan pemelajar mengakses sendiri.

Keterangan : Foto diambil sebelum pandemi Covid-19

Penulis : Juli Mufti Siroj, S.T.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaGuru yang Dirindukan Siswa Pengumuman setelahnyaBelajar Matematika dari Keripik dan Pizza

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930