SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Pelayanan Prima SMK N 1 Tuntang di Masa Pandemi

Secara etimologis, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Dahlan, dkk., 1995:646) menyatakan pelayanan ialah ”usaha melayani kebutuhan orang lain”. Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani, yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Sejalan dengan hal tersebut, Normann (1991:14) menyatakan karakteristik pelayanan sebagai berikut (1) Pelayanan bersifat tidak dapat diraba, pelayanan sangat berlawanan sifatnya dengan barang jadi, (2) Pelayanan pada kenyataannya terdiri dari tindakan nyata dan merupakan pengaruh yang bersifat tindakan sosial, dan (3) Kegiatan produksi dan konsumsi dalam pelayanan tidak dapat dipisahkan secara nyata, karena pada umumnya terjadi dalam waktu dan tempat bersamaan.

Karakteristik tersebut dapat menjadi dasar pemberian pelayanan terbaik. Pengertian lebih luas disampaikan Daviddow dan Uttal (Sutopo dan Suryanto, 2003:9) bahwa pelayanan merupakan usaha apa saja yang mempertinggi kepuasan pelanggan.

Pandemi sudah memasuki tahun ke dua. Dunia pendidikan terus mengupayakan system yang dapat bekerja dimasa ini. Sistem daring dengan berbagai aplikasi terus dicoba dipraktekan. Hal ini sebagai upaya agar generasi ini tidak menjagi “ generasi yang terhilang”. Justru anak-anak bangsa memiliki pemikiran yang objektif. Terbuka dengan hal-hal baru. Mencoba mempelajari cara-cara baru untuk bertahan hidup.

SMK N 1 Tuntang sebagai lembaga pendidikan di wilayah Kecamatan Tuntang terus berusaha melayani siswa dengan maksimal. Dengan mengusung brand sekolah digital, SMK N 1 Tuntang mejadi sekolah dengan pembelajaran online. Platform yang dipilih untuk melaksanakan pembelajaran online adalah google classroom. Mengapa google classroom? Karena aplikasi ini mudah digunakan baik siswa maupun guru. Hanya dengan broser pencarian classroom sudah pasti dapat ditemukan.Materi baik berupa artikel, e-book maupun video dapat digunakan dalam aplikasi ini. Tugas dan kuiz juga dapat dengan mudah dipakai untuk sarana penilaian.Untuk mendampingi siswa dalam memberi informasi guru dan wali kelas menggunakan wharshap yang sangat akrab dimasyarakat umum. Group kelas menjadi sarana komunikasi efektif bagi guru, siswa bahkan wali murid.

Setiap hari, sesuai jadwal pelajaran siswa dipandu untuk melaksanakan penilaian karakter berupa ibadah, membantu orang tua dan kegiatan presensi sesuai mata pelajaran. Siswa akan diingatkan untup presensi dan memulai pembelajaran. Setiap hari pula guru akan mendata melalui agenda mengajar yang berisi nama, mata pelajaran, jam, guru pengajar, jumlah siswa pada suatu kelas, nama siswa yang tidak hadir dan materi atau tugas setiap mata pelajaran. Laporan agenda mengajar ini akan dikirim ke group kelas dan group wali murid. Mereka akan mendapatkan informasi setiap hari, untuk memantau situasi kelas.

Tidak hanya  pelayanan pembelajaran SMK N 1 Tuntang juga memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak mampu untuk mendapatkan beasiswa, bantuan seragam dan pendampingan kesulitan belajar. Bagi siswa yang kesulitan belajar guru mata pelajaran dan wali kelas menyediakan waktu untuk mendampingi. Pendampingan dilakukan  melalui daring maupun  tatap muka disekolah dengan protokol kesehatan. Untuk mendukung keberhasilan pelayanan sekolah tentu saja membutuhkan kerjasama. Semua pihak, baik siswa, wali murid, sekolah  dan guru perlu berkominikasi efektif. Tanpa komunikasi dan kerjasama pelayanan prima yang dilakukan tidak akan berhasil.

Penulis : Naumi Ambarwati, S.Th, Guru SMKN 1 Tuntang
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang

Pengumuman sebelumnyaKenali Penyebab Sakit Mata Pengumuman setelahnyaPenyebab Saturasi Oksigen Rendah dan Solusinya

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930