SEKILAS INFO
: - Jumat, 27-01-2023
  • 11 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Pembuatan Ice Cream dan Es Susu Lumut sebagai Penerapan Materi Zat dan Perubahannya

Mata Pelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada Kurikulum Merdeka Belajar diperuntukkan untuk menggali dan membentuk peserta didik yang kompeten dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Maka dari itu dalam pembelajaran IPAS tidak hanya menekankan pada konsep ataupun materi tetapi juga melibatkan aktivitas peserta didik yang nantinya mengasah keterampilan mereka dalam membuat suatu produk yang berhubungan dengan materi dan juga mampu memberikan peluang usaha.

Pada materi Bab 2 IPAS Kelas X (sepuluh) SMK mempelajari tentang Zat dan Perubahannya. Seperti yang sudah diketahui bahwa wujud zat dibedakan menjadi tiga yaitu zat padat, zat cair dan zat gas. Sedangkan perubahan materi dibedakan menjadi dua yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan zat yang dapat kembali ke bentuk semula misalnya proses pelarutan garam, proses pembuatan es batu dan lain sebagainya. Sedangkan perubahan kimia adalah perubahan zat yang tidak bisa kembali ke bentuk semula karena memiliki sifat yang berbeda dengan sifat asal contoh pembuatan tape, tempe, dan lain sebagainya.

Pada Rabu, 12 Oktober 2022, pembelajaran IPAS di kelas X Tata Busana tidak berupa teori namun membuat produk makanan layak jual berupa es krim milo dan es susu lumut, yang merupakan penerapan materi Bab 2. Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, kelompok 1 sampai 3 membuat es susu lumut dan kelompok 4 sampai 6 membuat es krim milo. Peserta didik kemudian diberikan tahapan pembuatan minuman tersebut oleh guru.

Setelah produk jadi, selanjutnya peserta didik menjual produk tersebut di lingkungan sekolah. Mereka menjual dengan harga jual yang sudah direncanakan sebelumnya. Uang hasil penjualan akan menjadi patokan bahwa produk yang dijual sesuai target pasar atau tidak, dan menjadi bahan analisis peserta didik untuk pembuatan produk selanjutnya. Pada kegiatan pembelajaran ini, peserta didik sanagat antusias untuk mempromosikan dan menjual produk yang sudah mereka buat. Harapannya ke depan dengan pembelajaran yang sudah dipraktikkan, peserta didik dapat membuat peluang usaha yang nantinya akan menghasilkan penghasilan.

 

Penulis   : Nazillatur Rohmiyati, M.Pd.

Editor    : Nurul Rahmawati, M.Pd.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Januari 2023
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031