SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Membangun Sekolah dengan Memaksimalkan Potensi Diri

Dalam seminggu ini dua pejabat datang ke sekolah. Senin siang Bapak Kacabdin Wilayah I berkunjung ke sekolah dan disusul hari Kamis Bapak Kabid SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. Kunjungan beliau untuk membantu sekolah mengatasi peliknya masalah.

Membangun sekolah ini memerlukan power yang luar biasa. Perlu berpikir out of box karena banyaknya persoalan yang harus diselesaikan. Masalah lahan sekolah yang tidak punya, ruang kelas yang kurang, ruang praktek yang tidak ada, alat praktek yang belum tersedia, akses jalan yang masih dicari jalan keluarnya. Itu dari permasalahan fisik sekolah. Dari sisi pengelolaan juga extra ordinary. Berawal dari guru yang semua GTT, jumlah siswa yang sedikit, nama sekolah yang nyaris tidak terdengar, keuangan sekolah yang morat-marit. Kajian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan sekolah ini tidak layak dan diusulkan ditutup.

Sudah bisa dibayangkan batu terjal yang harus saya hadapi. Uji nyali dalam menyelesaikan misi dengan segala resiko. Tapi kembali ke komitmen sebagai abdi negara, permasalahan ini menjadi tantangan. Bagaimana cara saya mengelola masalah tersebut menjadi tantangan? Perkuat potensi diri. Potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang sudah terwujud yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.Setiap orang yang dilahirkan ke dunia pastilah memiliki potensi diri mereka masing masing.

Namun sayangnya, jarang yang menyadari hal tersebut dan bahkan sering banyak yang merasa rendah diri karena menganggap dirinya tak mempunyai kemampuan lebih dibandingkan yang lainnya. Hal tersebut sungguhlah sangat disayangkan. Jarang kita sadari bahwa sebenarnya kendala terbesar manusia justru terletak pada pikiran kita masing masing. Orang yang dapat berpikir besar dan positif biasanya dapat melakukan hal besar yang menjadi cita cita dan orang yang berpikir kecil dan cenderung negative akan mendapatkan hasil yang sebaliknya.

Menurut Adi W. Gunawan, Ada lima kekuatan yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi diri. Apa saja itu ? Yang pertama Kekuatan Keyakinan atau The Power of Belief. Keyakinan adalah fondasi untuk melakukan apa saja. Kita baru akan bertindak bila kita merasa yakin mampu melakukan sesuatu. Jika tidak yakin maka upaya yang kita lakukan akan dikerjakan dengan setengah hati. Dan kita tahu, apapun yang dilakukan dengan setengah hati, tanpa kesungguhan, maka hasilnya pasti tidak akan pernah maksimal. Seringkali upaya kita, jika diawali dengan perasaan tidak yakin, akan berakhir dengan kegagalan. Yakin yang dimaksudkan di sini adalah yakin yang berlandaskan kebijaksanaan dan akal sehat.

Yang kedua adalah Kekuatan Semangat atau The Power of Enthusiasm. Yang menjadi komponen atau bagian dari Kekuatan Semangat adalah konsistensi, persistensi, dan kegigihan. Tindakan yang dilandasi dengan suatu keyakinan yang teguh, bahwa kita pasti bisa berhasil, pasti akan dilakukan dengan penuh semangat. Semangat ini sebenarnya adalah motivasi intrinsik atau dorongan bertindak yang berasal dari dalam diri kita. Kekuatan Semangat ini yang membuat seseorang akan terus mencoba walaupun telah gagal berkali-kali. Kekuatan Semangat ini yang mendasari peribahasa “Tidak ada yang namanya kegagalan. Yang ada hanyalah hasil yang tidak seperti yang kita inginkan”, “Winners never quit. Quitters never win”, “Tidak penting berapa kali anda jatuh, yang penting adalah berapa kali anda bangkit setelah anda jatuh.

Kekuatan Fokus atau The Power of Focus sebagai cara yang ketiga. Fokus berarti kita hanya melakukan hal-hal yang memang berhubungan dengan target yang ingin kita capai. Pikiran kita menjadi sangat tajam, terpusat, seperti sinar laser yang siap untuk menembus berbagai penghalang. Kita tidak akan membiarkan berbagai cobaan atau distraksi membuat pikiran atau kegiatan kita menyimpang dari tujuan semula.

Selanjutnya adalah Kekuatan Kedamaian Pikiran atau The Power of Peace of Mind. Kekuatan keempat ini sangat penting diperhatikan karena ini merupakan barometer untuk menentukan apakah keyakinan kita terhadap sesuatu itu ekologis atau tidak. Yang terakhir adalah Kekuatan Kebijaksanaan atau The Power of Wisdom. Kekuatan ini sangat penting karena digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita lakukan. Dengan menggunakan kebijaksanaan kita dapat melakukan evaluasi dengan baik, benar, akurat, dan tanpa melibatkan emosi. Jika hasil yang dicapai belum seperti yang kita inginkan maka dengan menggunakan kebijaksanaan kita dapat mengetahui permasalahannya dan dapat meningkatkan diri kita.

Kurang lebih dua tahun Sembilan bulan saya terus meningkatkan potensi diri. Persoalan yang muncul sebagai energizer dalam meningkatkan kemampuan manajerial sebagai kepala sekolah. Alhamdulillah satu persatu tantangan yang ada berhasil diselesaikan. Lahan sudah didapat seluas 7000 meter persegi lengkap dengan sertifikat dan Ijin Mendirikan Bangunan.

Kebutuhan fisik sekolah secara bertahap terpenuhi dan dibangun sesuai masterplan sekolah. Peralatan praktek makin lengkap dan modern. Nama sekolah semakin dikenal dan jumlah muridpun bertambah secara signifikan. Yang lebih menyenangkan inovasi yang kami lakukan mulai ditiru oleh sekolah lain. Kunjungan studi tiru dari banyak sekolah menjadi bumbu penyedap untuk terus berinovasi. ASIK SEKALI SMKN 1 Tuntang, Adaptatif, Smart, Inovatif, Kompetitif, Self Reliant, Knowledgeable, dan Literate sebagai slogan kami.

Dari Tuntang untuk Indonesia.

Tuntang, 23 September 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930