Pembelajaran matematika pada dasarnya memiliki karakteristik yang abstrak, serta konsep dan prinsipnya yang berjenjang. Banyak yang menganggap belajar matematika sangat sulit dan membosankan karena berkaitan dengan angka serta hitung-hitungan
Pembelajaran matematika di sekolah yang sebelumnya dilakukan secara langsung dengan tatap muka dengan guru serta siswa lain, kini berubah online sejak merebak Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19). Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) adalah suatu penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya menyerang manusia.
Tantangan bagi guru adalah bagaimana melaksanakan pembelajaran matematika melalui pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan bagi siswa? Langkah pertama untuk membuat siswa termotivasi untuk belajar matematika adalah dengan mengontekstualisasikan ulang, dengan memberikan situasi yang sesuai dan dapat kerjakan supaya lebih dipahami, menyenangkan dan sesuai. Dengan menggunakan permainan dan stimulan belajar yang bervariasi, maka dapat mengajari siswa bagaimana mencapai jawaban yang benar melalui metode yang dapat mereka nikmati.
Metode pembelajaran matematika yang diberikan pada siswa jangan terlalu monoton dan berpaku pada konsep, karena itu akan membuat pembelajaran menjadi membosankan. Contohnya seperti candaan sebagai penyegaran otak siswa pada saat pembelajaran. Candaan yang terkandung juga lebih baik mengandung beberapa pelajaran matematika agar siswa bias bercanda sekaligus belajar. Metode ini bias membuat anak menjadi tidak jenuh saat belajar daring.
Media pendukung pembelajaran untuk siswa pun beragam, sebagai contoh aplikasi zoom. Aplikasi zoom digunakan untuk menjelaskan materi kepada siswa agar siswa menjadi lebih paham. Namun, menggunakan zoom juga terbatas karena koneksi internet tiap siswa berbeda beda. Maka dari itu guru juga bisa menggunakan media lain sebagai jalur penyampaian materi dari guru contohnya materi yang dimuat di pdf atau video mengenai penjelasan materi yang sedang dipelajari.
Tuntang, 01 September 2020
Fajar Rosiati Jati, guru Matematika SMKN 1 Tuntang