SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Raih Masa Depan Gemilang Bersama SMK N 1 Tuntang

Usia boleh dibilang belum juga matang, masih bau kencur, tetapi 5 tahun ibarat balita dalam masa keemasan (golden age) yang selalu haus akan tantangan dan pantang untuk menyerah. Maju dan terus bangkit untuk mencoba hal yang baru.

Sekilas itu yang dapat tergambar dari brojolnya sebuah kawah candradimuka di antara rimbunnya padang ilalang dan rumpun bambu yang menghampar di kawasan segitiga emas: Bawen, Salatiga, dan Banyubiru itu.

Di situlah sekian tahun lalu berdiri sepetak bangunan yang harus disekat untuk beberapa ruangan yang disebut SMK Satu Atap. Tanpa pintu gerbang, apalagi disebut kokoh dan megah. Bahkan untuk bisa mencapai tempat tersebut harus melewati jalan setapak di samping bangunan milik SMP N 2 Tuntang. Parahnya lagi bila hujan tercurah dari langit, air dengan rakusnya akan menggenangi jalan dan menembus ke dalam alas kaki siapa pun yang melintas.

Sebagai sekolah yang baru saja berdiri, SMK Satu Atap yang telah berubah nama menjadi SMK N 1 Tuntang ini tidak tinggal diam begitu saja dengan kondisi yang ada. Segala macam kendala dan tantangan yang dihadapi tidak menyurutkan semangat, tetapi malah semakin menyulut bara untuk terus maju. SMK yang dahulu sempat berada di persimpangan dalam tata pengelolaan seusai pengalihan kewenangan SMA/SMK di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, kini mulai menunjukkan geliatnya.

Kepala SMK N 1 Tuntang yang dahulu saat menjadi guru telah malang melintang dan menang di berbagai ajang lomba baik tingkat regional maupun nasional tergelitik untuk berbuat yang terbaik untuk sekolah yang dipimpinnya.

Ardan Sirojudin, S.Pd. Sang Kapten yang menahkodai biduk ini tak hendak bermain-main dengan apa yang telah dicanangkannya dalam visi dan misi sekolah tempatnya mengabdi. Strategi dan jurus jitu mulai dikerahkan dan diarahkan sesuai kerangka rencana pembangunan jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Tak salah slogan “SMK Bisa” selalu digaungkan. Bisa apa? SMK di kampung bisa apa? Apa pun bisa dan tengah dilakukan oleh SMK N 1 Tuntang. Berbenah dan berhias diri. Dari menambah ruang kelas, laboratorium, musala, maupun sarana prasarana lain hingga mempercantik toilet.

Tidak hanya pembangunan fisik yang dikejar akan tetapi juga peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan termasuk di dalamnya peningkatan kwalitas keimanan, pengetahuan, maupun sosial. Tak lain dan tak bukan hal ini bertujuan agar siswa dan masyarakat sekitar bisa terlayani dengan baik. Proses pembelajaran yang berlangsung juga diselaraskan dengan kecakapan abad ke-21 dengan 4C-nya: communicative, collaborative, critical thinking and problem solving, creativity and innovation.

Itu sebabnya In House Training dan berbagai pelatihan tentang aplikasi dan media pembelajaran maupun kepenulisan dikembangkan, meski guru dan staf tidak semuanya berstatus ASN. Bahkan guru di luar sekolah ini pun tertarik dan berperan serta dalam beberapa pelatihan yang diselenggarakan.

SMK N 1 Tuntang seakan ingin menyatakan: “Keterbatasan yang kami miliki adalah kelebihan kami”. Hal ini pula yang melejitkan berbagai gebrakan baru yang tidak biasa.

Sekolah mana yang memelopori gerakan paperless untuk Penilaian Harian, Penilaian Akhir Semester, maupun Penilaian Akhir Tahun. Hanya SMK N 1 Tuntang yang seluruh siswanya mengerjakan tes dengan menggunakan ponsel atau gawai, di saat sekolah lain masih sibuk berkutat dengan mencetak dan memperbanyak soal di lembar-lembar kertas lalu mengerjakan soal-soal tersebut menggunakan kertas dan bolpoin.

Gebrakan awal yang menimbulkan decak kagum bagi yang mendengarnya. Sekolah di kampung sudah sangat melek teknologi dan digital literate.

Itu mengapa saat pandemi covid 19 melanda, SMK N 1 Tuntang sudah sangat siap dengan kebijakan pemerintah untuk menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena selama tahun berjalan rintisan pembelajaran berbasis digital sudah diadopsi.

Tak pelak bila SMK N 1 Tuntang ini membranding dirinya sebagai sekolah berbasis digital. Nama SMK N 1 Tuntang mulai mencuat dan ramai diperbincangkan. Kini banyak sekolah di provinsi ini berbondong-bondong datang untuk melakukan studi tiru atas kreativitas dan inovasinya. Semoga SMK N 1 Tuntang dalam beberapa tahun ke depan pun bisa menjadi sekolah rujukan.

Tak diragukan lagi, dengan fasilitas, sumberdaya maupun manajemen yang baik, SMK N 1 Tuntang dapat dikatakan sebagai sekolah yang layak menjadi pilihan terbaik bagi lulusan SMP dan yang sederajat di mana pun berada, tidak hanya di kabupaten Semarang, melainkan di Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya.

Mari raih masa depan gemilang bersama SMK N 1 Tuntang.

Penulis : Lestari Ambar Sukesti, Guru SMAN 1Bergas Kabupaten Semarang

24 komentar

Andrian Wibisono, Jumat, 4 Jun 2021

Bangga pernah menjadi bagian dari warga kec.Tuntang,walaupun sekarang berkarya ikut mencerdaskan anak bangsa lewat pendidikan non formal utamanya Kejuruan Otomotif di selatan Jawa Tengah,pengin suatu saat bisa ikut kerjasama dan berpartisipasi lewat kejuruan TBSM nya.Bravo SMKN 1 Tuntang

Balas

Yani, Jumat, 4 Jun 2021

Bagus… sy pikir penulisnya dari SMK 1 Tuntang, paham sekali dengan sekolah yang ditulis… good bu Ambar, sukses pak Ardan

Balas

Mr Egan, Jumat, 4 Jun 2021

Awesome…. Have a good luck for all your journey

Balas

Nick, Jumat, 4 Jun 2021

Good article

Balas

Retno, Sabtu, 5 Jun 2021

Smoga sukses SMKN 1 Tuntang. Sukses jg buat penulisnya,bu Ambar.. good article…

Balas

Muhammad Rifky Afriza, Sabtu, 5 Jun 2021

Semangat membangun Sekolah dan Lingkungannya untuk SMK N 1 TUNTANG

Kami, SMA N 1 Bergas juga bangga memiliki Guru Kreatif dan Aktif seperti beliau, Ibu Lestari Ambar Sukesti

Balas

Dewi Yuwanti, Sabtu, 5 Jun 2021

Semangat terus SMKN 1 Tuntang, From Zero to Hero, god job

Balas

Dius Pramono, Sabtu, 5 Jun 2021

Semoga SMKN 1 Tuntang bisa bagus kedepan nya

Balas

Chairanni Nurul Azizah, Sabtu, 5 Jun 2021

Good job sukses selalu SMKN 1Tuntang

Balas

LAILA, Sabtu, 5 Jun 2021

Semangat SMKN 1 Tuntang ❣️ dan sukses selalu untuk Bu Ambar

Balas

Muh Adam, Sabtu, 5 Jun 2021

Semangat dan Sukses dan selalu berbuat positif

Balas

Ferdi Ardiansyah, Sabtu, 5 Jun 2021

Semangat selalu ibu Ambar, sukses selalu

Balas

ANDRI, Sabtu, 5 Jun 2021

Semangat untuk SMKN 1 Tuntang dan semoga sukses selalu untuk Bu Ambar

Balas

bila, Sabtu, 5 Jun 2021

artikelnya bagus dan informatif,
semangat dan sukses selalu untuk Bu Ambar

Balas

bila, Sabtu, 5 Jun 2021

Artikelnya bagus dan informatif, semangat dan sukses selalu untuk Bu Ambar

Balas

Nunuk, Minggu, 6 Jun 2021

Artikel yang keren. Saya yang tinggal diperbatasan dan tidak terlalu jauh dari Tuntang jadi tahu ada SMK yang keren… maju terus Bu Ambar. Tebarkan informasi yang masih terpendam

Balas

Ristriningsih, Minggu, 6 Jun 2021

Sangat menarik artikel nya semoga akan selalu memberi manfaat untuk semua… selalu semangat Mbakyu aku , love U so much

Balas

Risma, Minggu, 6 Jun 2021

Good job dan sukses selalu untuk SMKN 1 Tuntang dan Bu Ambar.

Balas

Eny Khusnul Hartati, S.Pd., M.Pd., Minggu, 6 Jun 2021

Strategi sosialisasi yang luar biasa dari SMK N 1 Tuntang, sukses untuk penulisnya sukses juga untuk SMK N 1 Tuntang.

Balas

S u r y a n i, Minggu, 6 Jun 2021

Wewwww…artikelnya bagus.keren.menarik & informatif
Jadi kangen bu Ambar & keluarga ❤
Tetap semangat & sukses selalu bu …

Balas

Nanik minarni, Minggu, 6 Jun 2021

Sukses terus buat SMKN Tuntang, murid dan gurunya

Balas

Yunia Amalia, Minggu, 6 Jun 2021

Tulisannya sangat informatif sekali, semakin maju untuk SMK N 1 Tuntang dan sukses buat penulis ❤️

Balas

Siti maaniyati, Selasa, 8 Jun 2021

Sugoi mam ambar, tulisannya sangat menginspirasi,menarik Dan bermanfaat

Balas

Puput Muliana, Kamis, 17 Jun 2021

Tulisannya sangat menarik memberi informasi yg memotivasi utk mengabdi lbh hebat lagi. Semoga tulisannya menularkan virus utk gemar membaca dan menulis di lingkungan kita

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930