SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Keputusan Istimewa dimasa Luar biasa

Sudah hampir dua tahun berjalan pandemi masih belum sirna juga dari muka bumi. Info terkini kondisi makin marak dengan munculnya berbagai klaster. Entah karena bandelnya sekelompok kecil masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, atau ada faktor lain yang belum teridentifikasi. Namun pihak pemerintah juga sudah melakukan usaha yang bagus dengan terus menggalakkan prokes dan juga pemberian vaksin imunisasi covid 19 yang dilakuakn sampai dengan 2 tahap.

Membahas tentang perjalanan proses pembelajaran di masa pendemi ini, dikala banyak sekolah masih dengan keegoisannya mempertahankan mapel yang dianggap sakti sehingga menjadi senjata pamungkas untuk memvonis siswanya tidak dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya (tinggal kelas), sementara pihak pemerintah terus dengan semangat mengaungkan harapan lulusan SMK yang kompeten di industry. Akankan dilema kuno egoisme dengan mempertahankan keakuannya masih terus dipertahankan?

Idealismenya lulusan SMK adalah lulusan yang kompeten pada bidang yang dipilihnya, menjadi percaya diri dengan skill yang telah didapatkan di masa dia sekolah di SMK, tanpa ragu lagi bisa berkomunikasi di dunia kerja dengan kemampuan berbahasa dan berinteraksi social dengan rekan kerja, menguasai teknologi yang benar-benar menjadi kunci keberhasilan kerja, itulah cita-cita mulia yang selalu digaungkan ditjen vokasi dengan merangkul pasangan industry dengan mesra untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi yang selaras antara sekolah dengan duniaindustri.

Solusi yang diandalkan saat ini adalah pembelajaran dengan system  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan platform media belajar yang sudah banyak. SMK Negeri Tuntang telah menerapkan  system tersebut dengan sangat baik, dengan langkah awal  antara lain mengetuk pengajar dengan membangun mind set yang sama tentang pendangan terhadap siswa dan sekolah secara beriringan, menyamakan persepsi dan menghilangkan keegoan masing-masing dengan menghapus rasa mata pelajaran yang paling sakti yang dapat menjadi senjata pamungkas untuk memvonis siswa, tetapi memadukan persepsi bahwa siswa yang kompeten adalah siswa yang mampu menguasai kompetensi keahlian kejuruan yang dipilihnya dengan tetap mematuhi mata pelajaran normatif dan mampu mengadopsi mata pelajaran adaptif.

Solusi yang lain adalah dengan menyelaraskan system pembelajaran yang terpadu yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa ataupun guru tanpa memberikan beban tambahan sebagai pekerjaan yang  memberastkan tetapi merubahnya dengan system pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan. SMK Negeri 1 Tuntang sudah menerapkan Learnimg Mnagemen System yang  sudah terintegrasi sehingga mampu memfasisiltasi guru dan siswa, Kepala sekolah mampu memonitor dan mengevaluasi guru dalam menjalankan tupoksi, tanpa adanya saling sikut dan saling lapor guru yang tidak melaksanakan program PEmbelajaran Jarak Jauh, di dalam LMS ini guru juga dapat mengembangkan berbagai metode dan media yang lebih menarik, lebih luas dan lebih komunikastif dan yang terpenting adalah lebih realibel dan valid dalam proses evaluasi. Siswaa merasa penilaian dan proses pembelajaran berjalan dengan transparan tanpa adanya nilai sulapan yang tidak pas dan tiba-toiba muncul tanpa adanya bukti yang relevan dalama penilaian siswa.

Solusi berikutnya adalah membangun hubungan yang harmonis antara dunia industry dan masyarakat sekitar, dengan program SMK bisa ,  menjalin kerjasama dengan program kunjungan industry bagi siswa dan guru ke industry pilihan sesuai kompetensi masing-masing, ataupun program magang industry selama 6 bulan sebagai pemantapan kompetensi produktif yang sesuai dengan kebutuhan industry, SMK Negeri 1 Tuntang juga memjalin kerjasama dengan pihak luar dengan sering menjadi sebagai sekolah rujukan bagi sekolah lain yang ingin studi tiru maupun untuk melihat proses pengelolaan sekolah secara langsung. Dengan bebagi pengalaman dan ilmu bukan berarti takut dengan saingan yang akan mencontoh kita tetapi menunjukkan SMKN 1 Tuntang sebagai Leader dalam Perubahan Pengelolaan Managemen Sekolah sehingga bersama-sama dapat membangun sekolah yang berkualitas.

Solusi tentang komunikasi antar komponen sekolah, Faktor komunikasi disini sadalah membuka kesadaran bahwa tanggung jawab moral yang ditanggung elemen SMKN 1 Tuntang adalah sama yaitu membentuk lulusan yang kompeten dan mewujudkan sekolah yang berkualitas, dengan adanya komunikasi diharapkan sebersit unek unek atau pendaman emosi ataupun gagasan yang dimiliki semua komponen dapat menjadaikkan suattu wadah untuk sharing dan pemecahan masalah, karena ada suatu pepatah yang mengatakan “ Orang yang Bijak adalah orang yang mengangkat solusi dan bukan yang mengangkat permasalahan”. Semua komponen masyarakat dalam berkomunikasi secara sopan terdidik dan terfokus pada visi dan misi SMK telah lama berjalan di SMKN 1 Tuntang. Dengan adanya kajian bersama bidang rohani maupun koordinasi tiap lini.

Rekuitmen Tenaga kerja serta pencarian promosi bagi sekolah sudah dijalankan SMKN 1 Tuntang dengan menjalankan Program BKK yang selaras dengan ditjen Vokasi antara lain rekuitmen tenaga kerja dengan DUDi favorit sehingga lulusan dapat terserap oleh Industri ataupun program kesiswaan yang mengarah ke  program beasiswa yang dapat memberikan apresisasi dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi ataupun pemberian bantuan social kepada siswa ataupun guru yang terkena dampak ekonomi sehingga membangkitkan empati sebagai satu keluarga.

SMKN 1 Tuntang mampu menjadi solusi dan piihan sekolah yang mampu erasing dengan sekolah lain. Dengan program yang sudah dijalankan sehingga mampu meningkatkan kompetensi dan  mampu berkompetisi baik guru maupun siswa sesuai dengan bidang ataupun passionnya masing-masing.

Penulis : Ice Faulia S.Pd,M.Si Guru SMKN 4 Semarang

51 komentar

Yuniakbar, Senin, 31 Mei 2021

Luar biasaaa…..

Balas

Yuni SA, Senin, 31 Mei 2021

Mantuil… Mantan betul

Balas

Eko Suswantini, Senin, 31 Mei 2021

Selamat beraktivitas semoga tambah sukses luar biasa

Balas

nabila fidela, Senin, 31 Mei 2021

wahh keren

Balas

Deny yuniati, Senin, 31 Mei 2021

Sukses kagem bu guru

Balas

Agus $, Senin, 31 Mei 2021

Mantappp… Keren abis….

Balas

Dra. Dwi Harti, M.Pd., Senin, 31 Mei 2021

Semoga pandemi covid segera berlalu. Tetap patuhi protokol kesehatan, preventif dan waspada.

Balas

Siti Aminah, Senin, 31 Mei 2021

Kerenn …

Balas

Rahmad, Senin, 31 Mei 2021

Semoga sukses selalu

Balas

dwi riyadi, Senin, 31 Mei 2021

Mantaps …

Balas

Sunarti, Senin, 31 Mei 2021

Hebat…!!
Lanjutkan…!!

Balas

EKO SUPRAPTONO, Senin, 31 Mei 2021

Gagasan bagus, produktif dan menginspirasi

Balas

Dwi susianto. SE, Senin, 31 Mei 2021

Balas

Nianda aji p, Senin, 31 Mei 2021

Mantap, sukses bu ice

Balas

Tarmi, Senin, 31 Mei 2021

Sip

Balas

Yeri Sutopo, Senin, 31 Mei 2021

Solusi yg dikemukakan dalam artikel ini realistis dan praktis

Balas

Winih Wicaksono, Senin, 31 Mei 2021

Wooooow isinyacbagus

Balas

Sumarwan, Senin, 31 Mei 2021

lanjutkan…

Balas

Yeri Sutopo, Senin, 31 Mei 2021

Solusi praktis dan realistis

Balas

Pak We, Senin, 31 Mei 2021

super sekali

Balas

Pak We, Senin, 31 Mei 2021

super sekali ……

Balas

Warsito, Senin, 31 Mei 2021

Siiip.
Hebatt

Balas

Warsito, Senin, 31 Mei 2021

Top markotop

Balas

Munifah, Senin, 31 Mei 2021

Sukses selalu buat mbak ice

Balas

thomas, Senin, 31 Mei 2021

bagus bu Ice…bikin penasaran,pingin tahu yg sebenarnya ttg smkn1 tuntang….smoga SMK bukan lagi sekolah menengah kejuruan ,tapi sekolah menengah keahlian….bukan hanya di juruskan saja tapi lulus dg punya keahlian.

Balas

Sapto Hadi, Senin, 31 Mei 2021

Mantap….
Semoga sukses…!

Balas

Muslih, Senin, 31 Mei 2021

Mantap sedulur SMK 4 Srmarang

Balas

Ubaedi Susanto, Senin, 31 Mei 2021

Jadi ingat dulu thn 90an waktu di kelas SMP ada guru yg bilang suatu saat nanti pembelajaran sekolah tidak lagi bertatap muka secara langsung krn kemajuan teknologi yg luar biasa dan 2020 menjadi kenyataan meskipun triggernya pandemi.
Siap atau tidak siap harus siap.
Selamat datang di hutan digital technology

Balas

ATEM SEMARANG, Senin, 31 Mei 2021

Sukses & terus berkarya

Balas

Dwi Yulianto, Senin, 31 Mei 2021

Mantap betul

Balas

Wiji PA, Senin, 31 Mei 2021

Mantap

Balas

Dilli A, Senin, 31 Mei 2021

Tetap semangat utk belajar..

Balas

Sujito,ST, Senin, 31 Mei 2021

Inspiratif sekali bu Ice

Balas

Sapto Hadi, Senin, 31 Mei 2021

Keren…bu Ice, teruslah menulis semoga sukses !!

Balas

Murtiningsih, Senin, 31 Mei 2021

Keren ibu guru Ice Fauliah. Salah satu gender yg mampuh membaca & memberi solusi dunia pendidikan dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Balas

Lukman, Senin, 31 Mei 2021

Mengedukasi sekali, mantap.

Balas

Wiwik Wija, Senin, 31 Mei 2021

Luar biasa.. hebat..

Balas

Tri Santosa, Senin, 31 Mei 2021

Ide yg luar biasa semoga sukses

Balas

Sunar, Senin, 31 Mei 2021

jos lah

Balas

Octifinalis Palupi, Senin, 31 Mei 2021

Ziiippp
Kerennn

Balas

Sagendra, Senin, 31 Mei 2021

Sukses buat Pak Ardan lama ga makaryo bareng
sukses juga Bu Ice semoga tulisanya menginspirasi

Balas

Dwi Maulana Kristanto, Senin, 31 Mei 2021

Sangat menginspirasi, semangat Bu guru

Balas

Efi, Senin, 31 Mei 2021

Istimiwirrr

Balas

izoruhai, Selasa, 1 Jun 2021

kereen bu guru… ikatlah ilmu dengan menulisnya. menulis adalah sebuah amal jariyah ilmu selain mengajar. bravo bu guru.

Balas

Linda, Selasa, 1 Jun 2021

Super sekali

Balas

Linda, Selasa, 1 Jun 2021

Artikel yang keren
Sangat menginspirasi
Sukses selalu untuk ibu Ice

Balas

Ella, Selasa, 1 Jun 2021

Tahniah bu ice.. Teruskan usaha penulisannya..

Balas

Rina, Selasa, 1 Jun 2021

Mantap bun karya tulisnya, ditunggu karyanya yang lain

Balas

agung d, Kamis, 3 Jun 2021

Setuju atas solusi yang disampaikan bu Ice.. Tinggal dibentuk konsep teknis untuk pelaksanaan dan evaluasi programnya.. cuman sy belum paham ttg Kajian bersama bidang rohani.. maksudnya gmn ya..apa disekolah ada bidang rohani atau perlu membentuk bidang rohani..

Balas

Sevri panimba, Kamis, 10 Jun 2021

Mantaf bu ice, tinggal inplementasinya di lapangan.

Balas

Puput Muliana, Kamis, 17 Jun 2021

Sangat menginspirasi. Semoga memotivasi lingkungan kita utk gemar membaca dan menulis

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930