SEKILAS INFO
: - Selasa, 15-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Belajar Menjadi Penulis Bersama SMKN 1 Tuntang

Tidak sedikit orang yang belum mengenal dan berpengalaman menulis menganggap jika menulis merupakan kegiatan yang sulit dan melelahkan. Banyak yang berpikir bahwa menulis itu hanya  dapat dilakukan oleh orang yang berbakat menulis atau hanya seorang wartawan saja. Guru dan  siswa sulit menjadi seorang penulis. Apakah benar pendapat seperti itu?

Menulis itu mudah, siapapun bisa menjadi seorang penulis. Semua butuh proses dan kemauan tinggi dalam berketerampilan menulis. Bukan layaknya sulapan yang dengan membalikkan tangan segera jadi. Namun, perlu membangun semangat pantang menyerah untuk bisa menjadikan tulisan berkualitas dan enak dibaca.

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa, selain menyimak, berbicara, dan membaca. Kegiatan menulis memang sedang  menjadi trend saat ini di dunia pendidikan. Baik dilakukan oleh guru maupun siswa- siswi.  Hal ini disebakan munculnya gerakan literasi sekolah yang digembar- gemborkan oleh pemerintah pusat.

Salah satu sekolah yang konsisten melakukan gerakan menulis adalah SMKN 1 Tuntang. Sekolah keren yang terletak di  Jalan Mertokusumo, Kesongo, Tuntang, Karangpawon, Candirejo, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Berada di daerah yang sejuk dan asri. Berhimpitan dengan indahnya hijau sawah di sisi timur sekolah. Tiga bulan terakhir ini, sekolah mampu menayangkan ratusan artikel popular di website sekolah. Sungguh luar biasa dan keren tentunya.

Gerakan menulis menjadi unggulan di sekolah tercinta. Di awali oleh semangat Bapak Ardan Sirodjuddin selaku kepala sekolah yang berani mendobrak diri sendiri dan memberikan contoh keterampilan menulis populer yang ditayangkan dalam website sekolah SMKN 1 Tuntang ini. Akhirnya banyak guru yang ikut terinspirasi untuk menulis tentang kegiatan sekolah, opini terhadap dunia pendidikan, dan tema lainnya.

Bahkan sampai saat ini banyak guru yang konsisten dan tertarik menuliskan ide mereka menjadikan artikel populer dan ikut juga ditayangkan dalam website sekolah tersebut. Sungguh contoh yang baik dan ini menjadikan anak didik kiranya juga wajib mengikuti teladan berliterasi menulis dari pendidik di sekolah SMKN 1 Tuntang.

Sekolah yang ramah anak didik ini  memiliki slogan “ASIK SEKALI” yang bermakna Adaptatif, Smart, Inovatif, Kompetitif, Self  Relience Knowledgeable and Literate. Salah satu kata yang muncul adalah literasi, sungguh tepat  dengan keadaan nyata di sekolah. Guru bukan sekadar menyuruh anak gemar menulis, akan tetapi guru berani menjadi teladan dengan menulis artikel popular dan ditayangkan tersebut.

Inilah salah satu alasan mengapa SMKN 1 Tuntang menjadi pilihan terbaik lulusan SMP untuk bersekolah di sini. Jangan ragu, pastikan Anda akan mendapat banyak ilmu dan pelajaran hidup yang berharga khususnya dalam dunia literasi. Apalagi SMKN 1 Tuntang juga terkenal dengan sebutan Sekolah Berbasis Digital. Mari bergabung dan dunia baru ada di depan anak bangsa.

Ingat bahwa,  “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”.  Pramoedya Ananta Toer

Penulis : Cahya Triastarka, S.Pd, Guru SMP Stella Matutina Salatiga

1 komentar

Hardiriyanto, Selasa, 8 Jun 2021

Mantap jiwa, Pak guru.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930