SEKILAS INFO
: - Minggu, 20-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Tadarus & Kultum: Harapan di Tengah Corona

Bismillah.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Good afternoon ladies and gentlemen. How are today? Hopefully you are always happy and healthy! Alhamdulillah di hari Rabu, 10 Februari 2021 yang cerah ini kita dapat bertemu kembali dengan keadaan yang luar biasa hebat, untuk berkegiatan seperti biasanya. Seperti biasa sebelum bekerja dan mengawal PJJ, kami awali kegiatan dengan ibadah salat dhuha dan tadarus Al Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan kultum. Kultum hari ini disampaikan oleh Ibu Nunung Fika Amalia, S.Pd.
Kultum hari ini berjudul Jangan Putus Harapan di Tengah Cobaan. Pandemi Covid-19 tidak dipungkiri telah menjadi momok yang menakutkan dan permasalahan hidup yang melemahkan di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Bukan hanya tentang kekhawatiran soal penularannya, namun juga soal efek ekonomi sosial yang mengancam segala sendi kehidupan. Tak terkecuali, umat Islam pun mengalami dampak-dampak serupa. Siapa pun yang berusaha dan bergerak di bidang apa pun tanpa kecuali merasakan imbas dari wabah ini. Tidak dipungkiri, bahwa masa pandemi ini membuat melemahnya mental umat dalam menjalani kehidupan. Namun demikian, bila kita mau membaca Al-Qur’an dan mempelajari lebih jauh, sebagai seorang mukmin yang beriman kepada Allah tidak semestinya terlalu larut dalam kekhawatiran dan ketakutan itu. Adalah wajar dan manusiawi bila setiap orang memiliki rasa takut, cemas, dan khawatir terhadap kehidupan yang berjalan tidak sebagaimana mestinya. Namun bagi seorang mukmin semua itu dirasa menjadi berlebihan bila sampai menjadikan putus asa dan kehilangan harapan.

Untuk itu, setidaknya kita bisa membaca dan belajar dari firman Allah dalam Surat An-Nisa ayat 104:
وَلَا تَهِنُوا فِي ابْتِغَاءِ الْقَوْمِ إِنْ تَكُونُوا تَأْلَمُونَ فَإِنَّهُمْ يَأْلَمُونَ كَمَا تَأْلَمُونَ وَتَرْجُونَ مِنَ اللهِ مَا لَا يَرْجُونَ وَكَانَ اللهُ عَلِيمًا حَكِيمًا
Artinya: “Janganlah kalian merasalemah dalam mengejar kaum kafir. Bila kalian merasa kesakitan maka mereka pun merasa kesakitan juga sebagaimana kalian merasa kesakitan, sedangkan kalian dapat berharap dari Allah apa-apa yang tidak dapat mereka harapkan. Dan adalah Allah Dzat yang Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.”
Dalam berbagai kitab tafsir— salah satunya kitab Al-Munȋr li Ma’ȃlimit Tanzȋl karya Syekh Nawawi Banten (2007, I: 188)—para ulama menjelaskan bahwa ayat ini turun berkenaan dengan satu peristiwa ketika Rasulullah mengirim sekelompok sahabat untuk mencari dan memerangi Abu Sufyan dan teman-temannya, mereka mengeluhkan perihal luka-luka yang mereka alami ketika pulang dari perang Uhud. Dengan ayat tersebut seakan Allah mengingatkan kepada para sahabat nabi agar jangan patah semangat dalam memerangi kaum musyrikin, hanya karena mereka mengalami luka-luka pada saat perang Uhud. Sebab apa yang mereka alami itu juga dialami oleh kaum musyrikin namun mereka tidak kehilangan semangat dalam memerangi kaum Muslim.

Dari ayat di atas berikut dengan penafsiran-penafsirannya itu kiranya kita bisa bercermin dalam menghadapi wabah Corona yang saat ini sedang melanda dan melemahkan berbagai sendi kehidupan. Membaca ayat di atas, bagi seorang mukmin semestinya semua ini tidak menjadikannya hilang harapan dan berputus-asa. Ia mesti menyadari, bahwa apa yang kini terjadi dan menimpa dirinya dan semua umat manusia di belahan dunia mana pun adalah di bawah kendali dan kekuasaan Allah, Tuhan yang diyakini dan disembahnya. Bila Allah berkehendak maka wabah ini akan segera berakhir, dan bila sebaliknya maka berlaku pula sebaliknya.

Itulah kultum hari Rabu ini. Semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya. Aamiin ya rabbal alamin

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930