SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
SMKN 1 Tuntang Meluncurkan SIM Kinerja

Munculnya teknologi internet memberi dampak yang luar biasa bagi manusia. Maka perkembangan teknologi kehidupan dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti E-Commerce, E-Government, E-Education, E-Library, E-Journal, E-Medicine, E-Laboratory, E-Biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Aplikasi-aplikasi di atas dikenal dengan nama Sistem informasi manajemen (management information system). Seperti kita ketahui manajemen berperan sebagai  proses yang dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola sesuatu agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia. Seiring perkembangan teknologi, manajemen telah terintegrasi secara sistematis dan otomatis menggunakan program dan perangkat komputer, baik yang berbasis website maupun desktop.

Begitu juga di dunia pendidikan dikenal dengan nama SIM Pendidikan. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan menjadi faktor penting untuk meningkatkan pelayanan sekaligus penghematan bagi Pendidikan dan kini telah menjadi salah satu standar mutu sebuah Pendidikan. Otomatisasi/komputerisasi sistem pelayanan dan sistem informasi manajemen merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah ini. Banyak lembaga Pendidikan dan Pendidikan telah mendapat manfaat dari peralatan canggih ini.

Dengan kemajuan perkembangan Pendidikan di Indonesia, baik dari aspek administratif atau teknologi, maka proses pelayanan Pendidikan di Indonesia dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk mengembangkan mutu Pendidikan dibutuhkan beberapa fasilitas pendukung, dimana salah satu fasilitas pendukung tersebut adalah aplikasi teknologi informasi dalam bidang sistem informasi manajemen Pendidikan.

Jadi, Manajemen Sistem Informasi Pendidikan (MSIP) adalah sistem yang didisain untuk kebutuhan manajemen dalam upaya mendukung fungsi-fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi pendidikan. Maksud dilaksanakannya MSIP adalah sebagai pendukung kegiatan fungsi manajemen ; planning, organizing, staffing, directing, evaluating, coordinating, dan budgeting dalam rangka menunjang tercapainya sasaran dan tujuan fungsi-fungsi operasional dalam organisasi pendidikan.

SMKN 1 Tuntang sebagai sekolah yang mengusung tagline Sekolah Berbasis Digital juga memanfaatkan SIM ini dalam pengelolaan sekolah. Salah satu yang sudah kita luncurkan adalah SIM Kepegawaian dan SIM Kinerja. Melalui SIM Kepegawaian, semua data kepegawaian guru dan karyawan sekolah ini terdata dengan baik. Data-data akan terus diperbaharui sejalan dengan dinamisasi perkembangan sekolah. Sementara SIM Kinerja digunakan untuk mengawal guru dan karyawan sekolah ini dalam bekerja sehari-hari. Lewat SIM Kinerja, Kepala Sekolah bisa memantau apa saja yang dikerjakan guru dan karyawan dari pagi sampai sore. Ini juga sebagai bagian dari tupoksi kepala sekolah dalam bidang supervisi.

Dengan Branding Sekolah ASIK SEKALI yaitu Adaptatif, Smart, Inovatif, dan Kompetitif serta Self Reliant, Knowledgeble dan Literate, SMKN 1 Tuntang terus berbenah untuk mengejar ketertinggalan dari sekolah lain. Inovasi pendidikan yang kami buat terbuka untuk ditiru oleh sekolah lain. Bapak dan Ibu yang berminat, silahkan bisa datang ke SMKN 1 Tuntang.

1 komentar

Lilis, Kamis, 10 Des 2020

Luar biasa hebat pak CEO kita nih, salut dg kreativitas bp, semoga berjaya memimpin dan membawa perubahan dasyat yg bermanfaat bagi lebih banyak insan. Barokallaah pak Ardan

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930