SEKILAS INFO
: - Selasa, 25-06-2024
  • 1 bulan yang lalu /
  • 10 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 78 MERDEKA NEGERI KU MERDEKA BANGSA KU
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
Sekolah Ramah Anak SMK N 1 Tuntang

Sekolah Ramah Anak SMK Negeri 1 Tuntang

Berupaya Mencegah Kenakalan Remaja Sejak Dini

Semua individu dalam rentang kehidupannya, memiliki tugas dan peran tersendiri. Menurut Robert Havighrust (Adam & Gullota, 1983) melalui perspektif psikososial berpendapat bahwa periode yang beragam dalam kehidupan individu menuntut untuk menuntaskan tugas-tugas perkembangan yang khusus. Tugas- tugas ini berkaitan erat dengan perubahan kematangan, persekolahan, pekerjaan, pengalaman beragama, dan hal lainnya sebagai prasyarat untuk pemenuhan dan kebahagiaan hidupnya.

Usia muda memang rentan menghadapi masalah. Ada beberapa masalah remaja misalnya,  masalah penampilan, gangguan makan, masalah akademis, depresi, masalah dengan orang terdekat, bullying atau perundungan, masalah percintaan dan aktivitas seksual, kecanduan gawai, tekanan dari teman sebaya, merokok, minuman keras dan obat terlarang, obesitas, dan perilaku seksual/penyimpangan perilaku seksual. Dan banyak lagi masalah yang dihadapi “seperti masuk kedalam hutan yang tidak tahu kondisi hutan tersebut”. Masa remaja adalah masa pencarian jati diri. Usia remaja juga penuh gejolak, emosi dan keinginan. Jika tidak dikontrol dengan pengendalian diri maka akan terjadi salah langkah dan kerugian bagi remaja tersebut.

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan bagi anak, memiliki tugas tanggung jawab terhadap pencapaian perkembangan anak. Sekolah tidak hanya membekali murid dengan kemampuan kognitif, namun juga afektif serta psikomotorik. Menumbuhkan karakter berjiwa Pancasila merupakan salah satu tujuan lembaga pendidikan formal yang disebut sekolah. Karakter murid yang berdasarkan nilai- nilai luhur pancasila akan terwujud apabila sekolah ramah terhadap anak. Gerakan “Sekolah Ramah Anak” merupakan salah satu upaya upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengoptimalkan layanan pendidikan bagi murid.

SMK Negeri 1 Tuntang mendukung gerakan Sekolah Ramah Anak (SRA). Sekolah Ramah Anak bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan menyenangkan bagi anak sekolah. Penerapan SRA ini tidak hanya mengandalkan peran dari pihak guru dan sekolah saja, melainkan juga dari siswa, orang tua, serta masyarakat. Adapun prinsip- prinsip sekolah ramah anak yang disampaikan dalam sosialisasi mendukung Sekolah Ramah Anak pada hari Jumat 13 Oktober 2023 di hadapan murid SMK Negeri 1 Tuntang, yakni:

  1. Nondiskriminasi, antikekerasan, dan perlakuan salah lainnya (anti perundungan)
  2. Kepentingan terbaik anak selalu jadi pertimbangan utama.
  3. Hak anak untuk hidup, menjaga hidup dan tumbuh kembangnya secara fisik, psikis, dan sosial atau menurut pemikiran pendidikan Ki Hadjar: merdeka lahir, batin, tenaga, dan pikiran.
  4. Partisipasi anak terutama hak anak untuk didengarkan dan ditanggapi dengan sungguh- sungguh.
  5. Tata kelola yang baik.

Dalam sosilisasi ini ditekankan pula pentingnya kerjasama sekolah dan murid. Saling memahami hak dan tanggung jawabnya. Menghadapi tantangan zaman, diharapkan murid dapat mengendalikan diri dari pengaruh buruk gaya hidup modern. Fokus belajar sebagai bekal masa depan. Sedangkan sekolah melalui guru akan selalu membantu murid dalam belajar untuk membekali dengan ilmu pengetahuan yang berguna sebagai bekal dalam menghadapi masa depan, dunia kerja dan bermasyarakat.

 

Penulis : Naumi Ambarwati, S.Th.

Editor : Anggita Fortuna Dewi, S.Pd.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773
TELEPON 085641080982
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930