SEKILAS INFO
: - Selasa, 15-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Ironi Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19

Pendapat masyarakat umum mengatakan, “Pendidikan tidak hanya sebatas pada akademis saja, tetapi juga pendidikan non-akademis.” Dalam hal ini pendidikan karakter sebagai poros utama kecerdasan seorang anak. Di mana pendidikan karakter diharapkan menjadi acuan kehidupan sosial anak di masa sekarang dan mendatang. Dalam pembentukan karakter, orang tua memiliki peran yang sangat penting, karena orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya di rumah.

Karakter peserta didik juga menjadi salah prioritas utama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Namun di saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti ini, orang tua yang tidak dapat menggunakan perangkat telepon pintar atau smartphone merasa dilema. Orangtua harus mulai memantau dan memahami karakter putra-putrinya selama belajar di rumah, baik dari sikap, tingkah laku, tutur kata juga kejujuran.

Dalam hal ini diharapakan orangtua dan guru dapat bekerjasama untuk  menciptakan pendidikan yang bermakna di rumah. Serta tidak hanya fokus dalam mencapai di akademik atau kognitifnya saja. Banyak orang tua yang mulai mengalami kesulitan atau mengeluh untuk memenuhi PJJ atau belajar online di rumah. Terutama dalam hal mengakses internet dan banyaknya tugas yang diberikan pada putra-putrinya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) telah menjadikan pendidikan karakter sebagai program prioritas. Dalam hal ini, penanaman sikap pelajar yang berlandaskan Pancasila menjadi kunci keberhasilan pendidikan karakter. Enam sikap pelajar Pancasila yang dirumuskan Kemendikbud antara lain berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong-royong, dan kebinekaan global. Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Iwan Syahril, sejatinya pendidikan karakter ada di setiap mata pelajaran di sekolah. Karena itu, pendidikan karakter tidak perlu menjadi mata pelajaran khusus. Dia mencontohkan, mata pelajaran menggambar tidak hanya mengajarkan tentang teknik-teknik menggambar, tetapi juga melatih cara berpikir, mental dan karakter. Contoh lain pelajaran biologi, tidak sekadar menghafal nama tumbuhan, hewan atau organ manusia, tapi juga bisa jadi ajang melatih berpikir kritis sehingga mendorong ingin terus belajar.

Adanya dampak Covid-19, siap tidak siap orang tua harus menerima terjadinya pemindahan usaha pendidikan ke rumah. Hal ini berakibat banyak keluarga tergagap-gagap untuk beradaptasi. Memang banyak kendala belajar yang bermunculan dialami para keluarga siswa. Seperti kesulitan mengakses internet, beban biaya pengadaan pulsa kuota internet, dan yang paling utama adalah kesulitan menjadi guru bagi putra-putrinya sendiri. Di mana hal itu tidak pernah terpikirkan sama sekali sebelumnya.

Hamid Muhammad berpesan, fokus untuk saat ini adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan selama di rumah dan bukan menambah beban psikologis anak. Maka dari itu perlu adanya kolaborasi antara sekolah dan orang tua untuk menciptakan keberhasilan dalam mendidik anak. Guru, kepala sekolah dan juga penggiat pendidikan diharapkan untuk tetap optimis dalam memberikan layanan pendidikan terbaik. Agar anak-anak kita yang sedang belajar di rumah tetap bahagia menjalaninya. Hal ini akan menjadi kunci keberhasilan.

Penulis : Gogot Ardyas Moko, S.Pd.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaKombinasi Warna Pakaian untuk Lebaran Agar Lebih ‘Eye Catching’ Pengumuman setelahnyaMenjadi Guru Bahagia

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930