Bagi masyarakat awan guru dipahami sebagai orang yang pekerjaannya mengajar dan mendidik. Guru memiliki pengaruh yang luar biasa bagi arah pengembangan pendidikan di Indonesia. Pergeseran pemahaman terhadap guru dari mengajar menjadi pendidik sudah disahkan melalui UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Undang-undang tersebut memberikan penjelasan guru sebagai pendidik profesional ketimbang sebagai orang yang pekerjaannya mengajar.
Guru juga punya peran menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi sebagai variabel yang penting dalam menumbuhkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Guru sebagai orang yang membelajarkan peserta didik sangat berkepentingan dengan masalah ini. Peserta didik akan terdorong untuk belajar manakala mereka memiliki motivasi untuk belajar yaitu yang kuatnya kemauan untuk berbuat. jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas yang lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
Sebisa mungkin guru harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar, terutama bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan oleh guru yaitu memperjelas tujuan yang ingin dicapai di kelas melalui petunjuk belajar. Yang kedua membangkitkan motivasi siswa dengan video motivasi atau kata-kata yang menginspirasi.
Yang ketiga menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar dengan pengaturan jadwal dan penggunaan aplikasi yang menarik. Menggunakan variasi model dan metode penyajian yang menarik sebagai langkah keempat. Yang kelima memberi pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa. Yang keenam memberikan penilaian. Yang selanjutnya memberih komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. Dan yang terakhir menciptakan persaingan dan kerjasama dengan komunikasi secara online.
Kerjasama dan komunikasi antar guru dan peserta didik sangat penting dalam kondisi pembelajaran jarak jauh saat ini. Guru menyiapkan bahan pembelajaran yang menarik, sedangkan peserta didik mengikuti pembelajaran denagan penuh semangat. Motivasi timbul dari kesadaran bahwa kebutuhan akan pendidikan sebagai investasi berharga bagi masa depan peserta didik sendiri.
Tuntang, 31 Agustus 2020
Penulis Naumi Ambarwati , Guru SMKN 1 Tuntang
1 komentar
Awal Nurro'ining, Senin, 31 Agu 2020
Siiip bu Naomi,sangatmenginspirasi