SEKILAS INFO
: - Kamis, 18-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 78 MERDEKA NEGERI KU MERDEKA BANGSA KU
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 2 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
Upaya Guru Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa  Dimasa Pandemi

Bagi masyarakat awan guru dipahami sebagai orang yang pekerjaannya mengajar dan mendidik. Guru memiliki pengaruh yang luar biasa bagi arah pengembangan pendidikan di Indonesia. Pergeseran pemahaman terhadap guru dari mengajar menjadi pendidik sudah disahkan melalui UU No. 14/2005  tentang Guru dan Dosen. Undang-undang tersebut memberikan penjelasan guru sebagai pendidik profesional ketimbang sebagai orang yang pekerjaannya mengajar.

Guru juga punya peran menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi sebagai variabel yang penting dalam menumbuhkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Guru sebagai orang yang membelajarkan peserta didik sangat berkepentingan dengan masalah ini. Peserta didik akan terdorong untuk belajar manakala mereka memiliki motivasi untuk belajar yaitu yang kuatnya kemauan untuk berbuat. jumlah waktu yang disediakan untuk belajar, kerelaan meninggalkan kewajiban atau tugas yang lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.

Sebisa mungkin guru harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar, terutama bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan oleh guru yaitu  memperjelas tujuan yang ingin dicapai di kelas melalui petunjuk belajar. Yang kedua membangkitkan motivasi siswa dengan video motivasi atau kata-kata yang menginspirasi.

Yang ketiga menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar dengan pengaturan  jadwal dan penggunaan aplikasi yang menarik. Menggunakan variasi model dan metode penyajian yang menarik sebagai langkah keempat. Yang kelima memberi  pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa. Yang keenam memberikan penilaian. Yang selanjutnya memberih komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. Dan yang terakhir menciptakan persaingan dan kerjasama dengan komunikasi secara online.

Kerjasama dan komunikasi antar guru dan peserta didik sangat penting dalam kondisi pembelajaran jarak jauh saat ini. Guru menyiapkan bahan pembelajaran yang menarik, sedangkan peserta didik mengikuti pembelajaran denagan penuh semangat. Motivasi timbul dari kesadaran bahwa kebutuhan akan pendidikan sebagai investasi berharga bagi masa depan peserta didik sendiri.

Tuntang, 31 Agustus 2020

Penulis Naumi Ambarwati , Guru SMKN 1 Tuntang

Naumi Ambarwati

1 komentar

Awal Nurro'ining, Senin, 31 Agu 2020

Siiip bu Naomi,sangatmenginspirasi

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773
TELEPON 085641080982
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930