SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tulisan Ilmiah Populer untuk Naik Pangkat

Seperti yang kita ketahui bersama, untuk bisa  naik pangkat seorang guru harus membuat Publikasi Ilmiah. Dimana untuk golongan III C naik ke III D diwajibkan membuat satu Laporan Penelitian Tindakan Kelas atau (PTK). Apa itu PTK? PTK merupakan pernyataan formal tentang hasil penelitian yang dibuat oleh seorang guru. Tujuan menulis laporan secara sederhana adalah untuk mencatat, memberitahukan, dan merekomendasikan hasil penelitian yang berupa temuan baru dalam bentuk teori, konsep, metode, dan prosedur, atau permasalahan yang  perlu  dicarikan  cara  pemecahannya. Hasil  penelitian  tersebut dipublikasikan  melalui seminar, pengkajian  ulang, analisis kebijakan, pendiseminasian dan  sebagainya.

Jika PTK yang dibuat dan sudah diseminarkan, seorang guru bisa mengantongi nilai 4 untuk Publikasi Ilmiah. Padahal untuk golongan III C naik ke III D memerlukan minimal nilai 6. Untuk itu harus ada strategi lain. Salah satunya adalah hasil dari PTK dibuat menjadi Tulisan Ilmiah Populer.

Tulisan Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau Media online yang mempunyai alamat website resmi bukan Blog). Tulisan ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi guru merupakan tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bertugas.

Untuk bisa dinilai, artikel yang dibuat dari PTK diubah formatnya menjadi tulisan yang lebih populer dan enak dibaca. Tidak perlu berhalaman-halaman karena sebuah artikel ilmiah biasanya hanya dibuat dalam 2 halaman A4 atau sekitar 3500 karakter. Artikel tersebut kemudian diterbitkan di surat kabar yang memiliki Surat Ijin Usaha Penerbitan (SIUP).

Persyaratan yang harus dipenuhi agar tulisan populer ilmiah dinilai oleh tim penilaia adalah yang pertama isi artikel ilmiah populer harus sesuai tupoksi masing-masing. Baik guru, kepala sekolah maupun pengawas. Yang kedua untuk guru mapel tema artikel ilmiah populer harus sesuai mapelnya dan ada unsur pembelajaran ke siswa. Dan ketiga harus menyebutkan minimal sekali satuan pendidikan/sekolah penulis bertugas di dalam isi artikel.

Untuk membuat tulisan ilmiah populer yang bagus harus mengikuti anatomi artikel yang terdiri dari Judul (head). Judul identitas terpenting dari artikel. Judul adalah kepala. Kemudian Nama penulis dan gelar (by name), Pendahuluan. Kalimat pembuka pada awal penulisan artikel dan pokok permasalahan yang diangkat. Isi. Pembahasan dan pesan yang kita sampaikan kepada pembaca. Penutup (Kesimpulan), dan Mapel dan Nama Sekolah

Dalam membuat judul harus diperhatikan antara lain (1) Membuat judul artikel sama dengan membuat judul berita,  (2) Menggambarkan isi, singkat, padat, menarik, serta menggunakan kalimat aktif,  (3) Judul artikel untuk media massa umumnya berkisar 3-7 kata, dan  (4) Untuk artikel guru untuk kepentingan PAK, harus  memenuhi unsur Kompetensi Dasar (KD) mapel penulis.

Keterangan : Foto diambil sebelum pandemi Covid-19

Penulis: Samhojin, A.Md.
Editor: Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaAplikasi HDD Low Level Format Tool Untuk Memformat Flash Disk Pengumuman setelahnyaPentingnya Kewirausahaan di SMK

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930