SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Aplikasi HDD Low Level Format Tool Untuk Memformat Flash Disk

Bingung, kesal dan terkadang merasa menyerah saat menemukan flash disk ‘bandel’ yang susah ketika akan diformat. Hal itu merupakan salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pengguna komputer. Pertanyaan paling utama mengapa pemilik flash disk ingin memformatnya adalah karena adanya infeksi virus. Sebuah flash disk bisa menjadi sarang virus saat digunakan untuk mentransfer data yang ada pada komputer bervirus. Virus yang ada pada komputer menjalar ke flash disk, kemudian jika flash disk tersebut dihubungkan ke komputer baru yang masih bersih, bisa jadi virus tersebut ikut masuk ke komputer. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa yang namanya virus atau malware sangat mengganggu. Salah satu contoh aplikasi gratis yang sering digunakan untuk PC Windows yang bisa Anda gunakan memformat flash disk di tingkat rendah yaitu aplikasi HDD Low Level Format Tool.

Alasan pengguna lebih memilih menggunakan aplikasi ini yaitu, pertama, menjadikan flash disk seperti baru. Biasanya memformat hard disk menggunakan metode yang umum digunakan sebenarnya masih meninggalkan data dan data yang dihapus masih bisa dipulihkan. Namun dengan menggunakan aplikasi ini, semua data yang sebelumnya tersimpan di flash disk akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi. Selain mencegah pemulihan data oleh tangan-tangan jahil, aplikasi ini juga bisa mengatasi hard disk yang terinfeksi virus atau malware yang sulit dihapus. Menggunakan metode pemformatan tingkat rendah juga dapat menyembunyikan bad sector dengan membuat permukaan disk yang bersih dan bebas dari kesalahan data.

Kedua, fitur aplikasi ini menampilkan informasi lengkap flash disk seperti model, firmware, ukuran buffer dan sebagainya. Untuk penyimpanan yang mendukung teknologi SMART, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap seperti siklus daya, waktu daya dihidupkan, waktu putar atas, tingkat kesalahan baca, suhu dan sebagainya. Ketiga adalah mendukung beragam jenis penyimpanan. Selain mendukung media penyimpanan flash disk, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memformat hard disk SATA, IDE, SAS, SCSI, dan SSD, kartu SD, MMC dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penyimpanan yang diproduksi oleh berbagai produsen ternama seperti Samsung, IBM, Western Digital, Seagate, Maxtor, Hitachi, Fujitsu dan sebagainya.

Terakhir, tersedia versi portabel. Anda bisa menggunakan versi portabel yang bisa dijalankan secara langsung tanpa instalasi. Dengan menggunakan versi portabel, aplikasi juga tidak akan meninggalkan file sampah dan entri registri baru di PC Anda. Itulah beberapa manfaat dari aplikasi HDD Low Level Format Tool untuk memformat flash disk anda. Selamat mencoba.

Penulis : M. Achmadi, S.Pd.Kom.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaHidup Sehat dengan Senam Pengumuman setelahnyaTulisan Ilmiah Populer untuk Naik Pangkat

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930