SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tips Mudah Memilih Sekolah

Sebagian besar siswa yang sukses bukan karena kepintaran mereka tetapi karena mereka berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat. Fungsi sekolah adalah membuat tempat yang tepat sesuai passion siswa, sementara fungsi guru adalah membantu siswa untuk menemukan passion tersebut.

Banyak orang tua dan siswa lulusan SMP tidak tahu “jerohan” sekolah yang diminati. Ini tentu hal yang tidak baik. Bisa saya ibaratkan dengan seseorang yang hendak membeli sebuah rumah tetapi tidak pernah melakukan pengecekan ke dalamnya. Akibat yang diterima adalah kekecewaan setelah membeli rumah tersebut tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Ketika siswa lulusan SMP memilih sebuah sekolah dan pilihan itu tidak sesuai dengan yang diinginkan maka resiko yang dihadapi adalah siksaan selama tiga tahun bersekolah. Ini tentu tidak baik dan sangat tidak menguntungkan untuk masa depan. kondisi ketidaktahuan siswa SMP dan orang tua diperkuat dengan minimnya informasi tentang sekolah.

Jika ditelusur lebih jauh banyak sekolah yang tidak care dengan keinginan orang tua untuk mendapatkan informasi. Pengalaman saya pribadi mengalami hal tersebut ketika mencari sekolah untuk anak saya yang pertama. Satu persatu sekolah yang penulis datangi menganggap aneh dengan permintaan saya. Apa itu permintaan saya? Sebenarnya sederhana yaitu bolehkah saya bertemu dengan kepala sekolah untuk mendapatkan informasi apa yang diunggulkan sekolah ini sehingga saya mantap menyekolahkan anak saya disini?

Aparat sekolah yang pertama kali bertemu adalah satpam. Beliau sampai bingung dengan apa yang saya inginkan karena hal itu diluar kebiasaan yang ada. sekian lama kemudian saya ditolak dengan alasan penerimaan peserta didik belum dibuka. Dari satu sekolah saya melanjutkan ke sekolah lain dengan permintaan yang sama. Orang kedua yang saya temui adalah guru. Dengan ketus beliau menjawab kalau mau sekolah disini yang tinggal mendaftar saja tanpa bertanya macam-macam.

Sebagai seorang guru saya tahu betul seluk beluk penyelenggaraan sekolah. Pejabat paling berkuasa di sekolah adalah kepala sekolah. Untuk saya harus ketemu kepala sekolah dan mendapatkan keunggulan sekolah ini dibanding yang lain. Perlakuan yang sama diterima dari sekolah yang ketiga keempat dan seterusnya tidak saya lanjutkan karena muncul kesimpulan saya bahwa sekolah tidak mau open informasi “jerohannya”.

Maka tips saya untuk siswa dan orang tua yang hendak mencari sekolah adalah pilihlah sekolah yang mau memberikan informasi detail kepada calon siswanya. Sekolah yang mau berbagi data dan informasi lengkap itu tentu sekolah yang siap memberikan layanan maksimal.

Cara paling mudah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sebuah sekolah adalah dengan membuka website sekolah tersebut. Kenapa website sekolah? Hal ini dikarenakan website sekolah adalah pintu keluar informasi dari sekolah tersebut. Dengan membuka website sekolah, Kita tidak perlu menghabiskan waktu, tenaga dan dana untuk mengunjungi sekolah satu persatu.

Selamat berburu sekolah, semoga mendapatkan sekolah yang terbaik dan sesuai dengan passion anaknya. Jangan lupa pendaftaran bisa dimulai besok Senin, 14 Juni 2021 mulai pukul 08.00 WIB.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 1 Tuntang

Pengumuman sebelumnyaTingkatkan Produktivitas Saat Pandemi Pengumuman setelahnyaDelivering Happines Membangun SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930