SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tingkatkan Produktivitas Saat Pandemi

Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 adalah kegiatan yang awalnya produktif untuk dilakukan di luar rumah, sekarang dipindah di dalam rumah. Tentunya hal itu akan membatasi ruang gerak kita namun juga menambah waktu luang. Dengan waktu luang yang banyak, seharusnya kita bisa meningkatkan produktivitas di masa pandemi ini. Waktu luang dapat diartikan sebagai waktu di mana kita bisa melakukan hal yang kita suka dan merujuk kepada kegiatan yang bersifat santai dan menyenangkan. Pertanyaan kemudian muncul, bagaimana waktu luang itu menjadikan kita lebih produktif? Dalam artikel ini ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencapai produktifitas tersebut.

Pandemi yang memaksa kita untuk stay at home, cobalah untuk lebih mengeksplorasi lagi aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan selama berada di rumah saja. Melakukan aktivitas fisik selama berada di rumah, dapat membantu tubuh tetap aktif sehingga menjauhkan Anda dari sejumlah penyakit. Melakukan gerakan-gerakan ringan selama 3 sampai 5 menit seperti berjalan keliling rumah atau cukup melakukan peregangan, sudah sangat membantu membebaskan Anda dari risiko kram otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan tersebut dapat membawa manfaat seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe-2, dan beberapa jenis kanker. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari rutin melakukan aktivitas fisik, akan sangat sayang jika Anda masih menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran sepanjang hari.

Covid-19 juga memaksa siswa di seluruh penjuru dunia untuk menuntut ilmu secara virtual. Pelajar dan mahasiswa harus membiasakan diri untuk berhadapan dengan teknologi yang membantu menjalankan proses belajarnya. Tak bisa berinteraksi langsung dengan guru, dosen dan teman, membuat banyak pelajar ataupun mahasiswa merasa jenuh bahkan bosan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun tidak perlu khawatir lagi, karena dalam artikel ini akan dibagikan beberapa kegiatan yang harus dilakukan ketika melakukan kegiatan belajar mengajar secara virtual di rumah.

Pertama, mengikuti seminar online. Ada baiknya kita menambah wawasan baru yang akan berguna di kemudian hari dengan mengikuti seminar online. Dengan adanya PJJ, banyak institusi dan universitas mengadakan seminar online secara gratis tanpa dipungut biaya. Kedua, beribadah. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap manusia adalah taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita juga tentu harus berdoa agar wabah ini segera berakhir dan semua kegiatan dapat berjalan seperti biasanya. Ketiga, tetap semangat mengikuti pembelajaran secara online. Walaupun seluruh kegiatan belajar mengajar dijalankan secara online, tidak berarti membuat siswa malas untuk tetap menjalankan kegiatan ini. Dengan dilakukan secara online, siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan sambil mendengarkan musik, menikmati cemilan, dan memilih tempat paling nyaman untuk mengerjakan tugasnya.

Terakhir, menekuni hobi. Selain mengikuti seminar online, banyak hal yang bisa membantu dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kalian. Salah satunya adalah dengan menekuni hobi masing-masing. Dengan kegiatan online ini kalian dapat mengekspresikan diri lebih luas lagi dengan belajar hal baru dan mempelajari lagi lebih dalam hobi kalian, yang mungkin nantinya setelah masa pandemi ini berakhir menjadi sangat bermanfaat.

 

Penulis : Juli Mufti Siroj, S.T.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaBerbicara dengan Bahasa Baku Pengumuman setelahnyaTips Mudah Memilih Sekolah

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930