SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Tak Perlu Resah Di Tengah Wabah

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi terhambat dong? Terutama aktivitas bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan sudah banyak yang menyarankan Indonesia harus lockdown, tapi bagaimana ya nasib para pekerja harian jika ini terjadi?

Banyak orang yang harus work from home atau kerja di rumah, mahasiswa dan anak sekolah juga belajar online agar terhindar dari virus ini. Kita bisa mengambil hikmah kejadian ini dengan mengambil peluang usaha, pastinya biar kebutuhan terus terpenuhi saat situasi kritis seperti ini. Tapi jangan jualan alat kesehatan dengan harga mahal ya, jangan mengambil untung sepihak.

Membuka bisnis baru pastinya butuh modal usaha, ada banyak cara buat dapetin modal selain dari uang tabungan. Misalnya pinjam modal ke fintech, yang prosesnya cepat dan bisa dilakukan di rumah. Jika sudah cair kamu bisa langsung mulai usaha, orang-orang banyak diam di rumah sehingga peluang usaha jadi lebih besar. Ini jenis-jenis usaha yang cocok di masa pandemi antara lain yang pertama Online Shop. Sebelum virus covid-19 mewabah, bisnis online shop udah jadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang fleksibel. Kita jualan di rumah, transaksi lewat mbanking, lalu kirim-kirim barang pakai jasa jemput barang ke rumah oleh kurir. Biar omset makin naik, kita bisa jualan hand sanitizer, masker, atau alat kesehatan lainnya.

Yang kedua Makanan Tahan Lama. Mengisolasi diri di rumah artinya tidak boleh keluar rumah kecuali waktu mendesak saja, kalau sudah laper bagaimana? Situasi ini bisa jadi peluang usaha, orang-orang banyak nyetok makanan dan minuman di rumahnya, pastinya makanan dan minuman yang tahan lama. Kita bisa jual mie instan, makanan kalengan, minuman serbuk, air mineral, dan lain-lain.

Yang ketiga Rempah Tradisional. Hingga saat ini penyakit corona memang belum ada obatnya, tapi kita bisa mencegahnya dengan meningkatkan sistem imun. Rempah tradisional seperti jamu, bisa meningkatkan sistem imun secara efektif. Kalau kita menjualnya, pasti akan banyak orang yang minat terutama para orangtua yang dari dulu sudah percaya sama rempah-rempah. Seperti kunyit, temulawak, jahe, kencur, kayu manis, laos, dan daun sereh. Kita bisa buat inovasi pesan antar jamu biar lebih gampang, tapi kita juga harus meramunya dengan benar, biar orang-orang jadi tambah sehat dan kebal virus.

Yang terakhir Bisnis Emas. Beberapa media berita sudah mengkonfirmasi, bahwa harga emas di tengah wabah kini semakin melonjak. Apalagi menjelang bulan ramadhan, toko emas semakin laris di pasaran. Kalau tidak bakat di bisnis makanan, kita bisa mencoba bisnis emas berbasis online. Banyak e-commerce yang menyediakan fasilitas asuransi, biar jualan emas lebih aman. Meskipun harus mengisolasi diri di rumah, tapi kreativitas harus terus lanjut. Apalagi jika kita pekerja dengan upah harian, libur isolasi ini pasti bikin kantong kering. Mulailah membuka berbisnis dengan peluang-peluang di atas, masalah modal usaha? Andalkan fintech kepercayaanmu. Selamat mencoba, jangan gampang putus asa!

 

Penulis: Nunung Fika Amalia, S.Pd
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd

Pengumuman sebelumnyaApakah kita sudah berpikiran positif ? Pengumuman setelahnyaKepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031