SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Apakah kita sudah berpikiran positif ?

Setiap hari kita dihadapkan dengan berbagai situasi diantaranya adalah ketika kita tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif. Hal tersebut yang bisa membuat kita merasa cemas, khawaitr dan tertekan. Padahal berpikiran positif dapat memberikan pengaruh yang baik bagi keadaan psikologis kita.

Bagaimana cara kita berpikiran positif?  Berpikiran positf dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara, diantaranya adalah yang pertama Biasakan bersyukur. Seringkali kita membandingkan diri kita dengan oranglain yang terlihat Bahagia. Hal ini bias membaut diri kita iri, dengki dan rendah diri. Sebab itu kita harus membiasakan diri kita untuk bersyukur agar pikiran kita tetap positif dan merasa lebih berarti.

Yang kedua Melihat sisi baiknya.  Masalah bisa terjadi dalam hidup kita dan bisa kapan saja. Ketika kita dihadapkan oleh permasalahan , fokuskan diri kita pada hal-hal baik yang ada di balik persoalan tersebut. Yang ketiga Berbicara positif pada diri sendiri. Kita bisa menjadi kritikus yang buruk bagi diri kita sendiri. Seiring waktu hal tersebut bisa menyebabkan kita membentuk opini yang negative tentang diri kita sendiri yang akan sulit dihilangkan. Untuk menghentikan hal tersebut kita harus berbicara hal positif pada diri kita sendiri.

Yang keempat adalah  Berbuat baik. Berbuat baik membuka pikiran kita tentang orang lain. Terkadang kita mungkin hanya melihat orang lain dari cara berpenampilannya saja dan langsung memikirkan hal negatif tentangnya. Padahal kita tidak tahu tentang apa yang ada dalam hati orang lain. Oleh sebab itu kita harus berbuat baik dan hal tersebut dapat membuat pikiran kita menjadi lebih positif. Selain itu kita dapat menghormati dan menghargai orang lain.

Yang terakhir adalah berada di sekitar orang yang positif. Ketika kita bergaul dengan orang yang toxic people, kita bisa ikut terpengaruh dan mengikuti kebiasaanya. Begitu juga sebaliknya ketika kita bergaul dengan orang- orang yang positi, maka hal positif juga akan menular pada kita.

Maka dari itu mulai lah kita membiasakan diri kita berpikiran positif. Walaupun itu sulit bagi kita tapi apa salah nya kita mencoba agar hidup kita menjadi lebih indah.

 

Penulis : Yunika Intan, S.Pd.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd

 

Pengumuman sebelumnyaMari Kita Mulai Hidup Sehat Pengumuman setelahnyaTak Perlu Resah Di Tengah Wabah

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031