SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Mengenal Fusion Splicer

Teknologi fiber optik merupakan sebuah kabel yang biasanya juga disebut dengan serat optik. Jadi, kabel fiber optik adalah kabel jaringan yang berisi untaian serat kaca dalam sebuah selubung yang terisolasi. Kabel ini memiliki sebuah manfaat yang sangat besar untuk kehidupan manusia di dunia. Maka tak mengherankan banyak sekali perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang saat ini mulai menggunakan teknologi ini untuk menghubungkan koneksi internet. Teknologi ini dibuat dan dirancang untuk jaringan data jarak jauh.

Kebutuhan telekomunikasi manusia juga semakin beragam. Saat ini semua orang membutuhkan jaringan internet untuk memudahkan mereka dalam mengakses data. Berkaitan dengan hal tersebut, penemuan teknologi fiber optik ini tentunya sangat memudahkan manusia. Saat ini perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia sudah beralih ke teknologi fiber optik.

Kabel-kabel penghubung yang dulunya sempat dipakai telah diganti menggunakan kabel fiber optik. Dipilihnya kabel fiber optik sendiri bukan tanpa alasan. Kabel ini memiliki bandwith internet yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kabel yang lain. Selain itu, kabel ini bisa mengirimkan data ke jarak yang lebih jauh. Sehingga tidak ada batasan lagi untuk mengirim data ke tempat atau lokasi paling jauh sekalipun.

Memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan, SMK Negeri 1 Tuntang juga harus meningkatkan mutu dalam penguasaan materi fiber optik. Sehingga, untuk menambah peralatan praktek, sekolah akan membeli perangkat dalam sistem komunikasi serat optik yang berperan penting dalam proses penyambungan yang dinamakan Fusion Splicer. Fusion Splicer digunakan untuk menyambungkan antar ujung dari fiber optik, dengan latar belakang ketika kabel optik yang diestimasikan ke suatu tujuan. Di mana untuk sampai ke tujuan tersebut membutuhkan kabel optik yg relatif panjang.

Fusion Splicer adalah alat penyambungan serat optik dengan memanfaatkan panas untuk meleburkan kedua ujung kabel optik secara bersamaan dengan waktu yang sangat singkat. Menggunakan sistem komputer yang canggih, kedua ujung serat optik akan diatur secara otomatis posisinya dengan cara kedua ujungnya digeser atau didrag hingga sejajar. Kemudian batang elektroda akan meleburkan kedua ujung serat secara bersamaan dengan waktu yang sangat singkat sehingga kedua ujung dapat tersambungkan.

Keterangan : Foto diambil sebelum pandemi COVID-19. 

 

Penulis : Bayu Aji Saputra, S.Pd.Kom
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaTips Hidup Tenang di Masa Pandemi Covid Pengumuman setelahnyaGuru yang Dirindukan Siswa

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930