SEKILAS INFO
: - Rabu, 27-10-2021
  • 2 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 2 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 2 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
 Manajemen Waktu Menentukan Kualitas Hidup

 Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan lebih banyak dalam periode waktu yang lebih singkat, menurunkan stres, dan mengarah pada kesuksesan karier.

Salah satu kemampuan penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah manajemen waktu yang baik. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, tidak mungkin Anda akan mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. Manajemen waktu akan sulit diterapkan jika Anda tidak menghargai waktu sama sekali. Ketika Anda menyia-nyiakan waktu yang dimiliki, maka akan terasa sangat berat saat berusaha mencapai kesuksesan bisnis. Jadi, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki namun tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu.

Kemampuan untuk mengatur waktu secara efektif adalah sangat penting. Manajemen waktu yang baik mengarah pada peningkatan efisiensi dan produktivitas, lebih sedikit stres, dan akan sukses dalam hidup ataupun bisnis Anda. Berikut merupakan beberapa manfaat mengatur waktu secara efektif, seperti menghilangkan stres, lebih memiliki banyak waktu, peluang, dan kemampuan untuk mewujudkan tujuan.

Setelah mempertimbangkan manfaat dari manajemen waktu, mari kita lihat beberapa cara untuk mengatur waktu secara efektif. Pertama, tetapkanlah tujuan dengan benar yang dicapai dan diukur. Gunakan metode SMART yaitu Spesifik (Specific), Terukur (Measurable), Dapat Dicapai (Attainable), Relevan (Relevant), dan Tepat Waktu (Timely), saat menetapkan tujuan. Kedua, prioritaskan tugas dengan bijak berdasarkan kepentingan dan urgensi. Misalnya, lihat tugas harian dan tentukan mana yang penting dan mendesak, untuk itu lakukan tugas ini segera. Kemudian yang penting tetapi tidak mendesak, untuk itu putuskan kapan melakukan tugas-tugas ini. Untuk sesuatu yang mendesak tetapi tidak penting, delegasikan tugas tersebut jika memungkinkan. Lalu untuk hal tidak mendesak dan tidak penting, sisihkan untuk dilakukan nanti.

Ketiga, tetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas. Hal ini membantu Anda menjadi lebih fokus dan efisien. Melakukan upaya ekstra untuk memutuskan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk dibagikan untuk setiap tugas, dapat membantu Anda mengenali masalah. Dengan begitu Anda dapat membuat rencana untuk menyelesaikannya. Keempat, istirahat di antara tugas-tugas. Ketika melakukan banyak tugas tanpa istirahat, lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Biarkan beberapa waktu jeda antar tugas untuk menjernihkan pikiran Anda dan menyegarkan diri Anda. Pertimbangkan untuk tidur sebentar, pergi berjalan-jalan pendek, atau bermeditasi.

Kelima, atur diri Anda. Manfaatkan kalender Anda untuk manajemen waktu jangka panjang. Tulis tenggat waktu untuk proyek, atau untuk tugas-tugas yang merupakan bagian dari penyelesaian proyek secara keseluruhan. Pikirkan hari-hari mana yang terbaik untuk mendedikasikan tugas tertentu. Misalnya, Anda mungkin perlu merencanakan rapat untuk membahas arus kas pada hari ketika Anda tahu CFO perusahaan ada di kantor. Selanjutnya, hapus tugas atau kegiatan yang tidak penting. Tentukan apa yang penting dan apa yang pantas untuk waktu Anda. Menghapus tugas atau kegiatan yang tidak penting membebaskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Terakhir, rencanakan ke depan. Pastikan Anda memulai setiap hari dengan ide yang jelas tentang apa yang perlu Anda lakukan. Pertimbangkan untuk membiasakan diri menulis daftar ‘yang harus dilakukan’ untuk hari kerja berikutnya. Sebaliknya, berikut ini merupakan konsekuensi manajemen waktu yang buruk. Yaitu alur kerja yang buruk, waktu terbuang, kehilangan kendali, kualitas kerja yang buruk, dan reputasi yang buruk pula.

Kesimpulan tidak hanya pada bisnis Anda, manajemen waktu juga berhubungan langsung dengan hidup Anda. Jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik, maka kualitas hidup yang baik juga bisa Anda dapatkan.

 

Penulis : Gogot Ardyas Moko, S.Pd.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaPerbedaan Antara Kelajuan dan Kecepatan Pengumuman setelahnyaKenapa Harus Sekolah di SMK

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031