SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Happy Pancasila Day

Good morning good readers. How are you? It must be great! Good readers, di setiap tanggal 1 Juni Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke. Pada 73 tahun lalu, tepatnya 1 Juni 1945, di dalam salah satu ruangan gedung yang kini dikenal sebagai Gedung Pancasila, Ir. Soekarno berpidato menawarkan gagasan mengenai dasar negara Indonesia merdeka.  Di hadapan sekitar 65 anggota sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) Indonesia saat itu, untuk kali pertama Ir. Soekarno menawarkan istilah Pancasila sebagai dasar negara. Dalam pidato yang sekarang dikenang sebagai Hari Lahir Pancasila, beliau berusaha menyatukan perdebatan yang meruyak di antara para anggota BPUPKI mengenai dasar negara merdeka.  Ir. Soekarno menawarkan lima sila yang terdiri: Kebangsaan Indonesia; Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan; Mufakat atau Demokrasi; Kesejahteraan Sosial; dan Ketuhanan Yang Maha Esa. Selain Sukarno, Ketua BPUPKI Radjiman Wediodiningrat menyampaikan pandangan mengenai dasar negara. Ada juga M. Yamin dan Soepomo yang memaparkan pandangan mereka. Namun, pidato Sukarno yang dianggap paling pas dijadikan rumusan dasar negara Indonesia. “Pidato itu disambut hampir semua anggota dengan tepuk tangan riuh. Tepuk tangan yang riuh sebagai suatu persetujuan,” kenang Mohammad Hatta dalam Menuju Gerbang Kemerdekaan (2010).

Setelah melalui sejarah yang cukup panjang, maka ditetapkanlah 5 (lima) sila atau Pancasila yang kita ketahui sampai sekarang. Hayo, semua sudah hafal Pancasila kan? Secara resmi, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari lahir Pancasila pada 2016 lalu. Saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikannya pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung. Hari Lahir Pancasila juga diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo. Setiap tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Namun good readers, sudahkan kalian mengetahui apa Bahasa Inggris nya Pancasila? Yuk belajar bersama dengan membaca artikel ini sampai habis! Dalam Bahasa Inggris Pancasila diartikan dengan frasa Five Principles of The Indonesian State. Kemudian untuk sila pertama berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa, dalam Bahasa Inggris menjadi Belief in the One and Only God. Selanjutnya sila kedua yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab menjadi A Just and Civilized Humanity. Sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia, ditranslate ke dalam Bahasa Inggris menjadi Unity of Indonesia. Sedangkan untuk sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dalam Bahasa Inggris menjadi Democracy, led by the wisdom of the representatives of the people. Sila terakhir berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia menjadi Social Justice for all Indonesian People dalam Bahasa Inggris.

Nah, bagaimana good readers menurut kalian? Sulit atau mudah? Mungkin awalnya kalian akan kesulitan dalam menghafalnya. Namun, jika semakin sering membacanya maka kalian akan cepat mengingat dan menghafalkannya. Jangan lupa, untuk selalu berlatih dan melafalkannya ya. Belajar Bahasa Inggris bukan berarti kita tidak mencintai Indonesia. Karena sejatinya belajar bahasa asing adalah salah satu modal mencintai negara kita sendiri. Dengan fasih berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, kita bisa mengenalkan Indonesia dengan segala kekayaan suku dan budayanya ke seluruh penjuru dunia. Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan untuk tidak belajar Bahasa Inggris ya! Selamat mencoba dan tetap semangat!

 

Penulis: Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaMinuman Sampah yang Menyehatkan Pengumuman setelahnyaBelajar Dari Drama Korea

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930