SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Handphone sebagai Media Pembelajaran Sederhana

Di era globalisasi pemanfaatan teknologi sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam semua aspek kehidupan. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Serta sudah menjadi konsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan dan jenjang usia. Hal ini juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan perangkat teknologi elektronik yang diterapkan dalam pembelajaran dikenal dengan istilah E-learning. Oleh karena itu, sistem pembelajaran menggunakan elektronik pun semakin dikembangkan, agar dapat disesuaikan dengan tuntutan zaman yang semakin canggih.

Salah satu cara memanfaatkan teknologi adalah dengan menggunakan telepon genggam atau  handphone. Handphone merupakan perangkat teknologi yang paling praktis dan bisa dibawa kemana saja. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini hampir semua orang dari berbagai usia memilikinya.  Handphone merupakan sebuah alat komunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Terutama saat pandemi, handphone  mulai berkembang menjadi media pembelajaran sederhana, yang wajib dimiliki siswa.

Jadi, bagaimana bisa sebuah handphone bisa dijadikan sebagai media pembelajaran? Kemajuan teknologi menjadi salah satu pemicu utama semakin banyaknya inovasi yang diciptakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya, dengan dimanfaatkannya perangkat teknologi dalam handphone, kegiatan pembelajaran tidak hanya bersifat konvensional. Hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran memanfaatkan perangkat elektronik atau E-learning,  yang mana proses belajar dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Dalam hal ini, handphone berperan sebagai media pembelajaran.

Alasan praktis namun bermanfaat itulah yang membuat sebuah handphone disebut sebagai media pembelajaran sederhana. Dalam sistem pembelajaran memanfaatkan perangkat teknologi berupa handphone biasa disebut dengan istilah mobile learning. Mobile learning (M-Learning) merupakan suatu model atau metode pembelajaran yang memanfaatkan media ‘mobile atau handphone sebagai alat bantunya. M-Learning bisa dikatakan sebagai bagian dari E-learning, karena pada dasarnya sama yaitu menggunakan perangkat elektronik sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Lalu, bagaimana pemanfaatan handphone sebagai media pembelajaran sederhana tersebut ? Hampir semua jenis handphone memiliki fitur dan layanan yang cukup memadai untuk membantu proses belajar. Salah satunya yaitu bisa terkoneksi dengan internet. Adanya layanan ini membuat peserta didik memanfaatkannya untuk browsing, sehingga mereka dengan mudah mendapatkan informasi secara cepat, kapan pun dan di mana pun.

Selain itu,  layanan internet bisa dimanfaatkan untuk sharing pengetahuan antar peserta didik. Sehingga mereka bisa saling bertukar pikiran dengan memanfaatkan perangkat elektronik tersebut dengan maksimal. Handphone merupakan salah satu perangkat teknologi yang paling praktis dan bisa digunakan untuk membantu proses belajar. Handphone merupakan sebuah alat komunikasi, yang mana dalam sebuah proses komunikasi bisa memunculkan sebuah informasi. Belajar dengan menggunakan media handphone, membuat pembelajaran semakin efektif. Di sisi lain siswa dapat belajar dengan baik dalam suasana yang wajar dan tanpa tekanan.

 

Penulis : Juli Mufti Siroj, S.T.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaKesehatan Mental Remaja Selama Pandemi Pengumuman setelahnyaMemahami Jenis Sistem File Di Drive USB

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930