SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Aktivitas Olahraga Anak Selama Pandemi

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan tubuh si kecil sangatlah penting. Anda tentu tak ingin buah hati tercinta sakit di tengah pandemi, bukan? Selain menjaga asupan nutrisi, aktivitas olahraga juga penting untuk dilakukan. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pilihan aktivitas olahraga anak selama pandemi. Berolahraga selama pandemi akan membuat si kecil tidak merasa bosan. Selain itu aktivitas ini juga membantu tubuh anak tetap fit dan tidak mudah sakit. Orang tua bisa memilih beberapa jenis aktivitas olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh anak di rumah.

Meskipun tak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah, anak tetap bisa berolahraga di dalam rumah. Berikut adalah macam-macam olahraga yang bisa dilakukan anak selama masa pandemi. Olahraga yang pertama adalah senam. Olahraga yang ringan, menyenangkan, dan bisa dilakukan di rumah adalah senam. Anda bisa menggunakan musik pengiring seru agar anak semakin bersemangat. Supaya gerakan senam lebih terarah, Anda juga bisa menggunakan panduan dari video YouTube. Kedua yaitu menari. Selain senam, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk beraktivitas fisik lewat menari. Putar lagu kesukaan si kecil agar ia merasa bersemangat dan lakukan gerakan-gerakan yang seru. Menari bisa jadi salah satu aktivitas fisik yang tidak terasa membosankan bahkan bisa membuat anak ketagihan.

Ketiga yakni lompat tali. Selama pandemi, lebih baik pilih aktivitas olahraga yang sederhana. Salah satunya adalah bermain lompat tali. Anda bisa mengajak si kecil bermain lompat tali sambil menghitung. Permainan ini akan terasa menyenangkan sekaligus menyehatkan untuk anak. Keempat, lempar tangkap bola. Ada banyak jenis olahraga yang sebenarnya bisa dicoba di rumah. Salah satunya adalah lempar tangkap bola. Aktivitas ini mungkin sangat sederhana tapi lumayan untuk melatih kekuatan fisik anak. Anda bisa mengajak anak untuk bermain lempar tangkap di halaman rumah.

Kelima, bermain hula hoop. Pilihan aktivitas olahraga yang tak kalah menyenangkan berikutnya adalah bermain hula hoop. Permainan ini pasti akan terasa menyenangkan dan membuat anak tidak merasa bosan di rumah. Selanjutnya, bulutangkis, merupakan salah satu pilihan olahraga anak selama pandemi yang juga tak boleh dilewatkan. Anda bisa mengajak anak untuk bermain bulutangkis di halaman rumah. Aktivitas olahraga ini bisa bermanfaat untuk motorik anak dan melatih anak agar lebih fokus.

Mengajak anak berolahraga seringkali tidak terasa mudah. Berikut beberapa tips olahraga anak yang bisa dicoba para orang tua. Pertama, pilih olahraga yang simpel. Tak perlu melakukan olahraga yang rumit dan susah. Gerakan dan aktivitas yang sederhana akan membuat anak lebih bersemangat untuk berolahraga. Kedua, lakukan dengan cara menyenangkan. Aktivitas olahraga harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Ciptakan gerakan olahraga anak yang seru dan membuat anak tertawa. Jangan menjadikan olahraga sebagai suatu beban melainkan buatlah sebagai aktivitas yang membuat si kecil senang.

Ketiga, putar lagu favorit. Akan jauh lebih efektif jika aktivitas olahraga diiringi lagu kesukaan anak. Memutar lagu favorit anak akan membangkitkan semangatnya saat berolahraga. Suasana seru dan ceria akan langsung tercipta setelah lagu favorit anak terdengar. Selain itu cara ini juga membuat anak tidak mudah merasa bosan. Keempat, ciptakan suasana bermain. Daripada fokus berolahraga, lebih baik buatlah seolah-olah aktivitas tersebut adalah suatu permainan. Ciptakan suasana bermain sehingga anak merasa lebih bersemangat dan ingin terus berolahraga. Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, maka tak ada salahnya untuk membuat sebuah aktivitas olahraga dengan tema pertandingan.

Kelima, ajak anak memilih. Jangan selalu Anda yang menentukan jenis olahraga. Ajak anak untuk memilih ingin melakukan aktivitas olahraga seperti apa. Ini akan membuat mereka semakin bersemangat karena jenis olahraga yang dilakukan sesuai keinginan. Cara ini juga akan melatih anak menjadi lebih kreatif karena bisa menciptakan aktivitas olahraga sendiri.

 Mengapa olahraga perlu dilakukan oleh anak-anak di masa pandemi ini? Tentu hal ini disebabkan oleh adanya banyak manfaat yang bisa didapatkan lewat aktivitas olahraga tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi anak selama masa pandemi. Menghilangkan rasa bosan di rumah, meningkatkan daya tahan tubuh, melatih kekuatan fisik, menyeimbangkan metabolisme dan mencegah gangguan mental pada anak.

Itulah pembahasan singkat mengenai aktivitas olahraga anak selama pandemi. Orang tua memang harus aktif memberikan anak kegiatan yang bermanfaat dan menyehatkan, salah satunya berolahraga. Lakukan aktivitas ini secara rutin setiap hari demi tubuh dan mental yang sehat. Jangan lupa, konsultasikan kondisi kesehatan secara rutin agar tubuh tetap sehat di tengah pandemi

 

Penulis : Mukhamad Samhojin, A.Md.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

 

Pengumuman sebelumnyaCatatan Perjalanan SMKN 1 Tuntang Pengumuman setelahnyaFilumenis, Hobi Langka Mengoleksi Bungkus

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930