SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Pengembangan Profesional Guru

Bulan Desember sudah melangkah separuh jalan. Maka Januari 2021 sudah di depan mata. Saatnya bagi kita sebagai guru untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja yang sudah dilakukan setahun lamanya. Hasil dari evaluasi itu akan memunculkan kesimpulan apakah profesionalitas sebagai guru meningkat atau jalan ditempat.

Pengembangan profesional guru merupakan hal yang harus direncanakan dengan baik oleh sekolah mempertimbangkan berbagai aspek. Pengembangan profesional guru seharusnya direncanakan secara logis dan sistematis, mengacu pada kebutuhan kuantitas maupun kualitas guru.. Waktu pengembangan profesional yang dibutuhkan guru dapat disediakan sekolah. Keberlanjutan program pengembangan harus direncanakan didasarkan pada kebutuhan dan masukan guru.

Seperti kita ketahui, pengembangan profesi guru didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan taraf atau derajat profesi seorang guru yang menyangkut kemampuan guru, baik penguasaan materi ajar atau penguasaan metodologi pengajaran, serta sikap keprofesionalan guru menyangkut motivasi dan komitmen guru dalam menjalankan tugas sebagai guru.

Sedangkan Guru profesional adalah guru yang menyadari bahwa dirinya adalah pribadi yang dipanggil untuk mendampingi peserta didik dalam belajar. Sehingga guru secara terus-menerus perlu mengembangkan pengetahuannya tentang bagaimana seharusnya peserta didik itu belajar. Perwujudannya, jika terjadi kegagalan pada peserta didik, guru terpanggil untuk menemukan akar penyebabnya dan mencari solusi bersama peserta didik, bukan mendiamkannya atau malahan menyalahkannya.

Kualitas profesionalisme guru ditunjukkan oleh lima sikap, yakni: 1) Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal; 2) Meningkatkan dan memelihara citra profesi; 3) Keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan ketrampilannya 4) Mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesi; 5) Memiliki kebanggaan terhadap profesinya.

Pengembangan profesional merupakan proses pengembangan profesionalitas yang direncanakan dan dijalankan oleh individu itu sendiri. Perencanaan pengembangan profesional berkelanjutan membuat seseorang dapat melihat pengembangan karier dirinya dari sudut pandang yang lebih luas dan menantang individu tersebut untuk dapat membuat refleksi dan penilaian terhadap karier yang telah dijalani. Karena pada dasarnya setiap individu bertanggung jawab untuk dapat mengembangkan profesionalitasnya sendiri. Pengembangan profesional berkelanjutan menuntut adanya rasa ingin tahu yang tinggi akan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman baru dari setiap individu tersebut.

Pengembangan profesional adalah proses berkelanjutan yang dilakukan sepanjang masa karier individu. Proses pengembangan tidak mungkin dilakukan sekali waktu pada awal karier, namun harus terus dilakukan secara kontinu. Saat ini perkembangan ilmu dan teknologi tidak terbatas dan makin terus berkembang sepanjang waktu, seperti hal tersebut, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman juga harus terus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang dinamis.

Nah pertanyaannya adalah apakah guru sudah merencanakan pengembangan profesinya? Langkah apa yang harus dilakukan ? Dan dokumen apa saja yang harus disiapkan oleh teman-teman guru? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari bergabung dengan Kami dalam Webinar besok Senin, 28 Desember 2020. Silahkan gabung disini untuk mendapatkan informasinya lebih lanjut : Webinar Guru Profesional

6 komentar

Eni Wahyuningsih, Minggu, 20 Des 2020

Membuat artikel, mengikuti Diklat pengembangan diri

Balas

Veronica Anik Minarsih, S.Pd, Minggu, 20 Des 2020

Professionalitas guru harus berkembang maju, tidak jalan di tempat

Balas

Sumi, Senin, 21 Des 2020

Semangat menjadi guru profesional. Belajar adaptif dengan perkembangan iptek di dunia pendidikan.

Balas

Drs Joko Supriyanto, Selasa, 29 Des 2020

mantap !!!!

Balas

Drs Joko Supriyanto, Sabtu, 2 Jan 2021

Manajemen Sumber Dayanya OK

Balas

Muhamad Abdul Fakih, Selasa, 12 Jan 2021

semangat menjadi guru profesional

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930