SEKILAS INFO
: - Minggu, 20-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Branding Sekolah dengan Website

SMKN 1 Tuntang adalah sekolah seribu pintu. Banyak sekali bukan? Biasanya sebuah sekolah hanya memiliki satu pintu gerbang masuk. Kok bisa seribu pintu? Ini tidak lain karena sekolah ini belum mempunyai akses jalan masuk. Siswa dan guru bisa masuk dari jalan mana saja. Apakah ini hambatan? Bagi kami tidak, ini justru menjadi tantangan untuk menjadikan satu pintu. Tidak lewat dunia nyata, sementara baru bisa lewat dunia maya. Apa satu pintu itu? Dia adalah website sekolah.

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Website pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980an dan baru resmi online pada tahun 1991. Tujuan awal Tim Berners-Lee membuat sebuah website adalah supaya lebih memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi. Pada saat itu, website mulai dapat digunakan secara gratis oleh publik baru diumumkan oleh CERN tepatnya tanggal 30 April 1993.

Terdapat 3 unsur yang sangat vital pada website. Tanpa adanya semua unsur ini, website anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur yang dimaksud adalah yang pertama domain. Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

Yang kedua adalah hosting. Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website.  Dan yang terakhir adalah konten. Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Apa sih manfaat bagi kita jika memiliki website? Website memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Anda bisa mengakses media sosial menggunakan website. Belanja online juga terjadi di website. Ketika Anda membutuhkan informasi penting, Anda juga bisa mengaksesnya melalui website. Manfaat website tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari website. Yang pertama adalah membangun Personal Branding. Dengan website kita bisa membangun personal branding yang kuat dan terpercaya. Kita bisa membagikan hasil karya dan portfolio di website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Anda bisa membangun personal branding yang profesional menggunakan website.

Manfaat kedua adalah berbagi Cerita dan Informasi. Sudah pernah baca cerita dari Raditya Dika? Atau Mungkin Anda pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler. Mereka berdua adalah contoh blogger yang sukses bermodalkan cerita melalui website. Anda pun bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Anda bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Dari traveling, parenting, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

Manfaat yang ketiga bisa menghasilkan uang. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Anda bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama.

Kembali ke topik awal sekolah satu pintu lewat website. SMKN 1 Tuntang konsen dalam pengembangan website sekolah. Gerakan satu hari satu guru satu tulisan menjadi bagian dari membangun konsistensi dalam mengisi konten di website. Tidak hanya admin tetapi melibatkan semua guru untuk bahu membahu mewujudkan sekolah satu pintu ini.

Banyak yang bertanya apakah mahal biaya untuk membangun website sekolah? Bisa mahal dan bisa juga murah. Mahal jika kita mempercayakan kepada pihak ketiga dan sebaliknya murah jika dibantu oleh sekolah lain. Untuk itu dalam upaya membantu sekolah lain membangun website sekolah, SMKN 1 Tuntang tergerak hati untuk membantu dan membimbing teman-teman mewujudkan mimpi satu pintu masuk sekolah melalui dunia maya. Orang akan mudah mengetahui sebuah sekolah tidak langsung datang ke lokasi, tetapi cukup membuka handphone dan mengetik nama sekolah kita di google. Seketika semua akan terbuka dan bisa diakses banyak orang dari banyak tempat di bumi ini.

Sekolah Anda berminat? Kontak kami SMKN 1 Tuntang.

Tuntang, 11 September 2020

Bayu Aji Saputra, guru Produktif TKJ SMKN 1 Tuntang

1 komentar

Halimah Noor, Sabtu, 12 Sep 2020

ok. siap ATMI

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930