SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Paket Komplit Ala SMKN 1 Tuntang

Pendidikan merupakan sebuah pengalihan pengetahuan, keterampilan dan pembiasaan dari satu generasi kepada generasi berikutnya yang dilakukan melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian. Usaha ini merupakan sebuah kewajiban yang mutlak dilakukan oleh seseorang. Bukan hanya bagi mereka yang berada pada usia pendidikan dalam sebuah lembaga formal, tapi usaha ini harus tetap menjadi sebuah kebutuhan mulai dari buaian orang tua sampai ke liang lahat.

Dengan demikian dimanapun dan sampai kapanpun proses transfer keilmuan itu akan tetap berlangsung. Persinggungan antara yang satu dengan yang lain, kebiasaan dan perjalanan hidup yang dialami orang lain, keterbukaaan menerima pesan baik dari seseorang, akan memperkaya dan mewarnai perjalanan hidup manusia. Sehingga arah menuju pendewasaan dan kematangan karakter akan terus terasah. Hal ini sebenarnya sangat relevan dengan isi dari Undang-undang pendidiikan no 20 tahun 2003 yang mengatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan harus dalam suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat dengan memberi keteladanan, membangun kemauan,dan mengembangkan kreativitas peserta didik, dengan penyelenggaraan pendidikan yang memegang prinsip demokratis dan berkeadilan.

Apapun itu semuanya bermuara pada terbentuknya insan yang beriman dan bertakwa, berilmu yang luas , beramal yang baik , memiliki sejumlah kompetensi serta berkepribadian yang luhur. Sungguh sesuatu hal yang sangat berharga dan tinggi sekali nilainya Ketika predikat ini melekat dan menyatu pada diri seseorang. Maka bisa dipastikan akan sangat gampang baginya didalam menghadapi berbagai perubahan dunia sekaligus menaklukannya.

Sahabat Ali bin Abi Tholib mengatakan “ Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu .” Pernyataan tersebut memberikan arti bahwa apa yang ada dunia ini tidak stagnan, tapi dinamis, bergerak dan terus berubah. Perubahan itu akhirnya mewajibkan semua orang menyadari pentingnya memperkaya pengetahuan, keterampilan, keahlian, kompetensi yang mampu bersaing dengan keadaan. Tidak boleh mencukupkan apa yang kita miliki saat ini. Karena apa yang dimiliki saat ini, akan kadaluarsa di zaman mendatang.

Oleh karena itu penting bagi orang tua agar cerdas didalam memahami bekal yang akan diberikan kepada seorang anak . termasuk pola dan cara dalam pemberian bekal tersebut. Semua itu diperuntukan bukan hanya untuk kepentingan saat ini tapi untuk hari esok , masa depannya kelak.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Langkah tepat didalam mengarahkan anak untuk memilih sekolah adalah sesuatu yang sangat penting . Bahkan tidak boleh diabaikan apalagi dibiarkan. Karena hal ini akan menentukan arah masa depannya kelak. Bagi anak yang baru lulus SLTP, mungkin boleh jadi pemikirannya masih belum begitu paham, bingung tentang lika-liku penjurusan kaitannya dengan produktifitas kerja.

Karenanya adanya komunikasi dua arah antara anak dan orang tua, adalah sesuatu yang bisa membuka cakrawala dan pemikiran anak. Jika setelah SLTP menginginkan sekolah SMK karena adanya pemikiran yang rasional misalnya, pertama ingin memperoleh kecakapan khusus yang langsung bisa dipraktekkan setelah lulus. Dengan kata lain anak langsung bisa kerja. Yang kedua, adanya pertimbangan bahwa di SMK pengembangan potensi keahlian sangat menonjol, karena tidak hanya teori yang diajarkan, tetapi juga langsung praktek. Dan yang sangat menjadi bahan pertimbangan orang tua juga adalah yang ketiga, sebuah pemikiran dari sisi ekonomi. Artinya jika nantinya si anak tidak bisa melanjutkan kuliah, dia sudah siap dengan keahlian yang dimiliki.

Ketiga pertimbangan tersebut, memilih SMK adalah hal yng tepat. Barangkali jika selama ini bingung SMK mana yang akan dipilih setelah SLTP, maka SMK TUNTANG 1 jawabannya. Buka saja websitenya yang tersebar di media massa, pasti disana menemukan solusi yang pas dan menjawab ketidaktahuan tentang informasi sekolah ini. Tujuan jelas yang siap mencetak tenaga kerja yang produktif merupakan jawaban untuk menaklukkan dunia yang selalu berubah ini.

Produktif adalah suatu kegiatan atau sebuah bentuk dari sikap yang selalu ingin berkarya dan menghasilkan keuntungan besar dan banyak.

Dari 3 jurusan yang ada Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan dan  Tata Busana yang di kelola secara apik oleh seluruh stakeholder yang ada, dengan sentuhan tangan trampil dari ahlinya, motivasi yang terlontar dari mulut seorang guru hebat ( dibuktikan dengan kebiasaan selalu mengupgrade dirinya dengan kegiatan literasi, diklat, dan sebagainya ), arahan dari kepala sekolah yang mumpuni, akan mampu menciptakan lulusan top dan handal yang produktif.  Yang tidak akan diam saja di rumah menunggu dan menunggu, bingung ke sana kemari mencari lowongan kerja. Tetapi dengan skill yang dimiliki akan mampu menciptakan dan membuka lapangan kerja yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Keterampilan yang seperti ini yang akan mampu bertahan ditengah panasnya persaingan hidup.

Disamping itu kami sangat terkesan dengan kegiatan tadarus dan kultum yang dilakukan setiap hari. Karena akan memberikan nutrisi kepada iman mereka. Sehingga lulusannya kelak, bukan hanya ahli dan trampil dalam bidangnya, tetapi juga menjadi insan yang bertakwa dan berakhlak mulia. jika berhasil tidak akan sombong. Begitupun ketika menghadapi kendala dalam usahanya, tidak akan merasa putus asa. Karena sudah di persiapkan dengan bekal yang bagus saat mengenyam pendidikan .

Ini adalah hal yang sangat menarik sekaligus cerdas menghadapi zaman. Pembekalan spritual sangatlah berguna sebagai pegangan hidupnya. Ketika arus globalisasi, teknologi tidak bisa dibendung kemajuannya, maka sebagai penyeimbang sekaligus filter, agama adalah hal yang niscaya. Sehingga benar apa yang saya katakan diawal SMK NEGERI 1 TUNTANG merupakan paket komplit yang siap mencetak generasi yang kuat ilmu, amal dan iman.

Sebagaimana perkataan para ahli yang mengatakan seseorang yang hanya mendalami ilmu umum tanpa bekal agama, akan buta. Dan seorang yang hanya memiliki ilmu agama tanpa ilmu umum, akan lemah.

Penulis : Nur Aisah, S. Ag, M. Pdi, Guru MTsN Bangkalan Madura Jawa Timur

32 komentar

Hari, Selasa, 8 Jun 2021

Mantap. Ngalir tulisannya. Enak

Balas

Hari, Selasa, 8 Jun 2021

Bagus. Enak ngalir tulisannya

Balas

Adib, Selasa, 8 Jun 2021

wow keren

Balas

Zainal Mustofa, S.Pd., Selasa, 8 Jun 2021

bagus, lanjutkan…
ide2 cemerlang seorang guru memang sering kali muncul akibat kecintaannya pada ilmu untuk ditransfer kepada anak2 didiknya. setelah membaca ini, saya yakin orang tua dapat mengarahkan anaknya untuk memilih pendidikan lanjutan yang sesuai dengan bakat dan perkembangan tekhnologi serta tantangan zaman yang mengarah pada percepatan pemenuhan kebutuhan hidup. Lulusan di SMK akan memiliki kecakapan hidup/ketrampilan yang mempuni.

Balas

Ainur rahma .m, Selasa, 8 Jun 2021

Bagus ngalir tulisan nya enk dibaca wow keren

Balas

Adibah, Selasa, 8 Jun 2021

Waaahh tulisan yang sungguh sangat menginspiratif kita semua

Balas

Ariany Yulestiana, Selasa, 8 Jun 2021

Keren

Balas

S. Rahayu, Selasa, 8 Jun 2021

Teruslah berkarya, hingga menginspirasi yg lain
Mantap…

Balas

Wiwik Hanatuddawilah, Selasa, 8 Jun 2021

Betapa tulisan yg cantik dan komunikatif… Inspiratif banget mbak icha

Balas

Wiwik Hanatuddawilah, Selasa, 8 Jun 2021

Betapa tulisan yg cantik dan komunikatif… Inspiratif banget

Balas

Yudi, Selasa, 8 Jun 2021

Mantane
Kreatif dan imajinatif bu

Balas

Akhmad Khusairi, Rabu, 9 Jun 2021

Mantaaaap…

Balas

Ghafirah, Kamis, 10 Jun 2021

MasyaAllah, menginspirasi

Balas

Siti maryam, Sabtu, 12 Jun 2021

Mantap. Selamat

Balas

Supriyanti, Sabtu, 12 Jun 2021

Bagus banget.lanjutkan.

Balas

Hj.suhartik, Sabtu, 12 Jun 2021

Kreatif dan mantap

Balas

Siti Hajar Endang maini, Sabtu, 12 Jun 2021

Hebat sekali.enak bacanya

Balas

Nur Hasanah, Minggu, 13 Jun 2021

Menginspirasi….

Balas

Diah Eka Nur Aini, Minggu, 13 Jun 2021

Bagus tulisannya memotivasi kita untuk terus belajar

Balas

iqbal, Minggu, 13 Jun 2021

saya sangat senang membacanya.semoga bermanfaat

Balas

Machmud Fauzi, Senin, 14 Jun 2021

Asyik..ngebacanya serasa sejuk menginspirasi tuk terus…meneguk ilmu!

Balas

Puput Muliana, Kamis, 17 Jun 2021

Semangat terus berkarya dgn tulisan2 yg mengi spirasi lingkungan kita shg termotivasi gemar membaca dan menulis

Balas

Alya, Rabu, 23 Jun 2021

Sangat menginspirasi

Balas

Alya, Rabu, 23 Jun 2021

menginspirasi sekali

Balas

Yusuf ali imron, Rabu, 23 Jun 2021

Barakallah ibu

Balas

ninis, Rabu, 23 Jun 2021

saya sangat senang membacanya

Balas

Luna Novita, Rabu, 23 Jun 2021

saya sangat senang membacanya

Balas

Suliha, Rabu, 23 Jun 2021

Mantuuul…keren banget

Balas

Suliha, Rabu, 23 Jun 2021

Mantull…keren banget

Balas

Suliha, Rabu, 23 Jun 2021

Mantull…keren

Balas

Suliha, Rabu, 23 Jun 2021

Mantull…

Balas

Ima, Rabu, 23 Jun 2021

Bagus, rapi dan menginspirasi, sip.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930