SEKILAS INFO
: - Selasa, 07-02-2023
  • 1 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Tes Kebugaran SIPGAR SMKN Satu Atap Tuntang

Dalam rangka menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh masyarakat, Puskesmas Gedangan Kabupaten Semarang mendukung Pengukuran Kebugaran Secara Mandiri bagi peserta didik SMKN Satu Atap Tuntang menggunakan Aplikasi SIPGAR, karena dapat digunakan secara mandiri dan mudah dengan smartphone. Jumat, 30 September 2022, sejumlah 36 peserta didik kelas XI TKJ 1 dan 5 guru SMK Negeri Satu Atap Tuntang mengikuti tes kebugaran tubuh. Dimulai pada pukul 07.00 WIB, tes kebugaran tubuh bagi peserta didik dan guru dilaksanakan di Perumahan Candi Soba Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.
Untuk mengukur tingkat kebugaran tubuh, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani Mandiri bernama SIPGAR. Aplikasi SIPGAR dapat diakses langsung bagi pengguna Smartphone Android, dengan cara mengunduhnya melalui Play Store dan mengisi data formulir yang tertera di Aplikasi. SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metode Rockport. Rockport adalah salah satu metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 100 meter dalam kurun waktu 12 menit. Rockport merupakan pengukuran kebugaran jantung dan paru yang merupakan salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang.
Sebelum dimulai, kegiatan tes kebugaran menggunakan aplikasi SIPGAR diawali dengan mengisi absensi dan data diri. Data diri yang diperlukan yakni berat badan, tinggi badan, tekanan darah dan tes gula darah (TGD). Setelah itu, para peserta diminta untuk menyiapkan smartphone masing-masing dan membuka aplikasi SIPGAR yang telah diinstal sebelumnya. Setelah semua siap, secara bersamaan peserta klik aplikasi dan mulai berjalan cepat selama kurang lebih 12 menit. Selesai berjalan cepat, peserta diminta untuk mengecek smartphone dan dicatat oleh petugas Puskesmas. Dari aplikasi SIPGAR dapat diperoleh tingkat kebugaran tubuh.
Kegiatan tes kebugaran sangat bermanfaat bagi para pesertanya. Selain sehat, seseorang juga perlu mengetahui tingkat kebugaran tubuhnya. Sehingga kesehatan selalu terpantau dan terjaga agar tidak mudah sakit. “Dengan mengikuti kegiatan tes kebugaran tubuh, saya bisa mengetahui tingkat kebugaran tubuh saya. Semoga kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan guna memantau kesehatan, kebugaran dan imunitas tubuh kita,” kata Aji Pranoto, S.Pd., guru Produktif TBSM yang juga mengikuti kegiatan tes kebugaran.

Penulis : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Februari 2023
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728