SEKILAS INFO
: - Senin, 06-02-2023
  • 12 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Tadarus & Kultum: Sebongkah Roti

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Good morning everyone. How are you? I hope you are happy and healthy! Alhamdulillah hari ini kita memasuki hari Rabu yang hangat dan cerah, 7 Juli 2021.  Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan tadarus dan kultum melalui Google Meet. Kegiatan dimulai tepat pada pukul 08.00, dan dibuka oleh Ibu Tutik Widiyandari, S.Pd. Hari ini kami membaca surat Al Hadid. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kultum, disampaikan oleh Bapak Juli Mufti Siroj, S.T.

Kultum yang disampaikan berkisah tentang Sebongkah Roti. Dikisahkan ada seorang wanita yang membuat roti untuk makanan keluarganya setiap hari. Setiap harinya, wanita ini membuat roti ekstra untuk diberikannya pada orang lain yang kebetulan melewati rumahnya. Dia meletakkan roti itu pada jendela rumahnya untuk siapa saja yang ingin mengambil roti tersebut. Setiap hari, ada orang yang sudah bungkuk datang dan mengambil roti itu. Tetapi, bukannya mengucapkan terima kasih dan menunjukkan keramahan, pria itu malah menggerutu. Beginilah kira-kira ucapannya, “Perbuatan burukmu akan tetap bersamamu, perbuatan baikmu akan kembali kepadamu.”

Hal ini berlangsung secara terus-menerus. Pria bungkuk itu selalu datang dan mengambil roti seraya mengatakan kalimat yang sama setiap harinya. Wanita itu merasa sebal dengannya, “Bukannya berterima kasih..,” katanya dalam hati. “Setiap hari pria itu mengatakan hal yang sama, apa maksudnya?” pikir wanita itu. Suatu hari, tiba-tiba dia memiliki keinginan untuk menyingkirkan pria bungkuk itu. Dia berniat membuat roti dengan racun di dalamnya. Tetapi, ketika akan meletakkannya pada jendela, dia gemetar dan tersadar. “Apa yang telah aku lakukan?” katanya. Roti itu akhirnya dibakarnya habis dan dia menggantinya dengan roti biasa. Seperti hari-hari sebelumnya, pria itu datang lagi dan tetap mengatakan hal yang sama.

Putra wanita itu pergi merantau jauh dari tempat tinggalnya. Dan sudah berbulan-bulan dirinya tak mendapatkan kabar tentang keberadaan putranya itu. Wanita ini terus berdoa agar putranya diberi keselamatan dan dapat kembali padanya. Malam itu, pintu rumahnya diketuk dari luar, wanita itu membuka pintu rumahnya dan terkejut melihat sang anak berdiri di hadapannya. Anaknya itu terlihat sangat kurus dan lemah, rupanya dia kelaparan.

Sang anak menatap ibunya dan berkata, “Ibu, ini keajaiban. Ketika aku masih jauh dari sini, aku kelelahan dan pingsan. Aku mungkin akan mati kelaparan, tetapi pada saat itu ada orang bungkuk datang melintas dan memberiku sebuah roti,” ungkap sang anak. Pria itu berkata, “Ini yang aku makan setiap hari. Hari ini aku harus memberikannya padamu karena kamu lebih membutuhkannya daripada aku.” Kemudian seketika wajah ibunya memucat dan tersandar di tembok. Dia teringat akan roti beracun yang hampir saja dia berikan pada orang bungkuk itu pagi tadi. Andai saja dia memberikannya pada orang bungkuk itu, tentu anaknya lah yang akan dia racuni dengan tangannya sendiri. Akhirnya dia menyadari arti kata yang selalu diucapkan pria bungkuk itu, “Perbuatan burukmu akan tetap bersamamu, perbuatan baikmu akan kembali kepadamu.”

Kultum hari ini begitu menginspirasi kita untuk selalu berbuat baik, apapun kondisinya. Karena hal baik yang kita lakukan, akan kembali ke diri kita juga. Begitupun sebaliknya dengan hal buruk, jika kita melakukan hal buruk maka suatu hari akan kembali juga ke diri kita. Untuk itu, good people marilah kita menebar kebaikan di muka bumi ini. Semoga Allah SWT mudahkan, aamiin.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

1 komentar

Bram, Rabu, 7 Jul 2021

Amazing

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Februari 2023
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728