SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tadarus & Kultum : Lima Obat Herbal yang Tercatat di Al-Qur'an dan Hadist.

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah kegiatan tadarus dan kultum Keluarga SMKN 1 Tuntang bisa dilaksanakan tiap hari. Hari ini Selasa, 31 Agustus 2021 kultum diisi oleh Slamet Nuwun, PTT SMKN 1 Tuntang. Kultum yang disampaikan berjudul  Lima Obat Herbal yang Tercatat di Al-Qur’an dan Hadist.

Zaman dahulu orang-orang sudah mengandalkan pengobatan dengan bahan herbal sebelum adanya obat kimia seperti sekarang. Termasuk di dalam Al-Quran ada bahan alami yang dijadikan obat herbal.
Siapapun bisa terkena penyakit dan berbagai masalah kesehatan. Untuk meredakan sakit ini, orang biasa mengandalkan obat. Tapi sebelum memilih obat kimia, ada baiknya untuk lebih dulu mencoba obat herbal yang meredakan sakit namun tidak memiliki efek samping.

Bahkan dalam Al-Quran disebutkan beberapa bahan alami yang bisa jadi obat herbal untuk berbagai penyakit. Sebuah hadits Riwayat Bukhari, Rasulullah saw. menyampaikan, “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut.” Jadi jangan putus asa ketika mendapat ujian berupa penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada lima jenis obat yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Selain aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan, kelimanya dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

Berikut lima obat herbal yang tercatat dalam Al-Quran dan hadist yaitu :

  1. Madu
    Dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 68-69 menyebutkan, “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”
    Madu dapat digunakan untuk mengobati beraneka ragam penyakit seperti thypus, masalah pencernaan dan lambung. Madu juga kerap diandalkan untuk mengobati keracunan, muntaber hingga masalah pada hati.
    Selain sebagai obat, madu juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Konsumsi madu secara rutin bisa membantu membuat tubuh tetap sehat dan bugar.
  2. Kurma
    Kurma kaya akan zat besi yang bisa mencegah anemia serta kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi. Gula alami dalam kurma juga bisa menjadi energi untuk tubuh.
    Dalam hadits Riwayat Muslim, Rasulullah saw. Bersabda, “Barang siapa yang sarapan dengan tujuh butir kurma Ajwa setiap pagi akan terhindar dari bahaya racun dan sihir.”
    Bagi orang yang berpuasa, kurma juga disunahkan untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka. Rasa manis pada kurma menjadikan buah ini sebagai camilan enak dan sehat.
  3. Minyak Zaitun
    Pohon zaitun tercatat dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 35 “… Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…”
    Buah zaitun memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal terutama jika sudah diolah dalam bentuk ekstrak minyak. Beberapa manfaat minyak zaitun, di antaranya mencegah penyakit kulit dan kanker payudara, kanker rahim, kanker perut dan usus besar apabila dikonsumsi satu sendok setiap hari.
    Minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi. Minyak ini bisa dikonsumsi mentah sebagai dressing salad atau dijadikan pengganti minyak saat mengolah masakan.
  4. Jintan hitam (Habatusauda)
    Jintan hitam atau dikenal juga dengan sebutan habatussauda memiliki banyak manfaat. Jintan hitam juga terbukti ampuh menguatkan sistem kekebalan tubuh, menetralisir racun hingga anti stres.
    Keistimewaan jintan hitam ini juga tertulis di dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian.” (HR Bukhori dan Muslim)
  5. Jahe
    Tanaman ini disebutkan dalam Al-Qur’an, surat Al Insan ayat 17. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” Jahe memiliki banyak khasiat, khususnya dalam mengobati organ pernapasan seperti asma, batuk, dan meluruhkan dahak. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya dapat mengobati radang gusi, dan meredakan radang sendi.
    Jahe juga telah terbukti memperkuat otot jantung, mencegah terjadinya penggumpalan darah, serta mencegah penyumbatan jantung dan otak. Apalagi jahe punya rasa segar sehingga bisa jadi obat herbal yang enak dikonsumsi setiap hari.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930