SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Tadarus & Kultum: Kisi-kisi Ujian Akhirat

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Selamat pagi Indonesia. How are you? It must be great! Alhamdulillah hari ini kita memasuki hari Kamis, 8 Juli 2021 yang hangat dan cerah.  Hari ini merupakan hari ketiga pelaksanaan tadarus dan kultum melalui Google Meet. Kegiatan yang dimulai tepat pada pukul 08.00 tersebut diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMK Negeri 1 Tuntang, dan dibuka oleh Bapak Juli Mufti Siroj, S.T. Hari ini kami membaca surat Al Mujadila dan Al Hashr. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kultum, disampaikan oleh Ibu Nurul Rahmawati, M.Pd.

Kultum yang disampaikan merupakan Kisi-kisi Soal Ujian Akhirat. Adanya Corona saat ini, mengingatkan kita akan adanya kematian yang jaraknya begitu dekat. Hampir setiap hari kita mendengar berita kematian saudara, kerabat atau orang yang kita kenal. Jika kematian sudah menghampiri kita, sudahkah kita siap? Untuk itu, mari kita bahas ‘soal-soal’ apa saja yang akan malaikat tanyakan. Pertama di alam kubur. Pertanyaannya adalah Siapa Tuhanmu? Apa agamamu? Siapa Nabimu? Kedua di hari kiamat. Pertanyaannya adalah Usiamu, kau habiskan untuk apa? Untuk apa kau pergunakan masa mudamu? Hartamu, darimana kau dapat, dan untuk apa kau belanjakan? Apa yang sudah kau amalkan dengan ilmu yang telah kau peroleh?

Siapkanlah jawaban untuk setiap pertanyaan, dan pastikan jawaban Anda benar. Pada surat Yasin ayat 65 dikatakan, “Pada hari ini kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” Ujian kali ini tanpa pengulangan atau remidi. Jawaban untuk masing-masing soal berdasarkan amalan dan bukan hafalan. Peserta ujian yang lulus, akan ditempatkan di surga. Dan bagi yang gugur ada dua kemungkinan: pertama, bila ketidaklulusan disebabkan dosa syirik, (di mana pelakunya mati sebelum bertaubat), maka ia kekal di dalam neraka. Bila ia bertaubat, maka Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih

Kedua, bila ketidaklulusan disebabkan dosa selain syirik, maka pelakunya dibawah kehendak Allah, apabila Dia berkenan maka akan diberi Ampunan, jika tidak maka akan di Adzab oleh-Nya. Pelaku dosa yang selama hidupnya tidak menyekutukan Allah akan dimasukkan kedalam surga setelah proses penyucian dosa di dalam neraka selesai. Wallahu a’lam.

Good readers, soal dan jawaban begitu jelas, namun tak sedikit yang berguguran. Semoga di kehidupan selanjutnya kita termasuk orang-orang yang lulus ujian akhirat. Sehingga kita bisa berada di surganya Allah SWT, aamiin ya rabbal alamin semoga Allah SWT mudahkan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031