SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tadarus & Kultum: Keutamaan Ilmu

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Good morning good people and happy lebaran 2021. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah SWT menerima amalan kami dan kalian. Alhamdulillah sebulan penuh kita telah berpuasa dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Hari ini Senin, 17 Mei 2021 kita mulai bekerja dan melaksanakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) lagi. Seperti biasa kami mulai kegiatan pagi sebelum mengawal PJJ dengan ibadah salat sunnah dhuha dan tadarus Al Qur’an surat Luqman. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Bapak Harnanto, S.Pd., guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kultum yang disampaikan tentang keutamaan ilmu.  Dari Ibrahim dari Alqamah dari Sahabat Abudullah bin Mas’ud ra berkata, Rasulullah SAW bersabda :

من تعلّم بابا من العلم ينتفع به في آخرته ودنياه أعطاه اللّٰه خيرا له من عمر الدنيا سبعة آلاف سنة صيام نهارها وقيام لياليها مقبولا غير مردود

Barang siapa belajar satu bab ilmu yang bermanfaat di akhiratnya dan dunianya, maka Allah akan memberikannya sesuatu yang lebih baik daripada umur di dunia selama 7.000 tahun, yang (digunakan) berpuasa pada siangnya dan sholat pada malamnya secara diterima tanpa ditolak.”

Dikisahkan, datanglah seseorang dan bertanya kepada Ali bin Abi Thalib, “Wahai Ali,lebih utama ilmu ataukah harta?” Lalu Ali menjawab, “Ilmu lebih utama daripada harta.” Lalu ia bertanya, “Manakah buktinya?” Sahabat Ali menjawab, “Ilmu adalah warisan para nabi sedangkan harta adalah warisan Qarun, Syaddad, Fir’aun, dan lainnya.” Dia pun pergi dengan jawaban ini (puas). Lalu datanglah seorang lain dan lainnya menanyakan hal yang sama. Ali pun memberi jawaban dan berkata, “Ilmu bisa menjagamu, sedangkan harta, kamu yang menjaganya. Pemilik harta mempunyai banyak musuh, sedangkan pemilik ilmu mempunyai banyak teman. Tatkala kamu menggunakan sebagian harta maka sesungguhnya harta itu berkurang, dan tatkala kamu menggunakan (mengamalkan) ilmu, maka ilmu itu bertambah. Pemilik harta dipanggil dengan nama kikir dan cacian, sedangkan pemilik ilmu dipanggil dengan sebutan agung dan mulia. Harta dijaga dari pencuri, sedangkan ilmu tidaklah dijaga dari pencuri. emilik harta akan dihisab di hari kiamat sedangkan pemilik ilmu akan disyafa’ati di hari kiamat. Harta akan habis sebab lamanya menetap dan berjalannya waktu, sedangkan ilmu tidak akan habis dan tidak akan rusak. Harta bisa mengeraskan hati sedangkan ilmu dapat menerangi hati. Pemilik harta mengaku sebagai tuhan sedangkan pemilik ilmu mengaku sebagai hamba.”

Sahabat Ali berkata, “Jikalau mereka (orang-orang khawarij) bertanya kepadaku tentang ini, maka aku akan memberi jawaban dengan jawaban lain (berbeda) selama aku masih hidup.” Lalu mereka datang dan memasrahkan diri mereka semua (kembali dan bertaubat). Wallahu a’lam bis showab. Itulah kultum di hari pertama kerja setelah lebaran good people. Semoga kultum ini membawa manfaat bagi kita semua, aamiin ya rabbal alamin.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930