SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Tadarus & Kultum: Keutamaan Doa Keluar Rumah

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Guten morgen pembaca yang budiman. Alhamdulillah kita sudah memasuki hari Selasa yang cerah di saat pandemi ini. Karena mengikuti anjuran Bapak Ganjar Pranowo, maka sekolah melaksanakan lockdown mulai tanggal 5 sampai dengan 20 Juli mendatang. Untuk itu, kegiatan tadarus dan kultum dilaksanakan secara online melalui Google Meet. Kegiatan yang wajib diikuti oleh semua guru dan karyawan tersebut dimulai pada pukul 08.00 dan dibuka oleh Bapak Juli Mufti Siroj, S.T., guru mata pelajaran Produktif Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Kegiatan pertama adalah tadarus Al Qur’an Surat Ar Rahman, yang dipimpin oleh Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., Kepala SMK Negeri 1 Tuntang. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan kultum oleh Bapak Achmadi, S.Pd.Kom., guru mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Kultum yang disampaikan berjudul Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah.

Islam sangat memperhatikan hal-hal kecil hingga hal-hal besar. Salah satunya yaitu kegiatan keluar rumah. Namun, sering kita lupa atau justru tidak pernah membaca doa saat keluar rumah. Padahal membaca doa keluar rumah termasuk hal yang dianjurkan dalam Islam. Selain mendapatkan pahala, kita juga sudah melakukan segala sesuatu dengan berdoa agar kita mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Karena kita tidak akan tahu hal apa yang akan terjadi di saat kita sedang keluar rumah.

Berikut ini merupakan doa ketika keluar rumah: Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula walaa quwwata illa billaah. Artinya, Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah dan tidak ada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah. Keutamaan dari doa keluar rumah adalah agar kita selalu berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu meminta segala pertolongan dan perlindungan di mana pun kita berada. Karena segala sesuatu yang terjadi di langit dan bumi hanya Allah Yang Maha Tahu dan sesungguhnya kita termasuk orang-orang yang lalai. Di saat kita hendak keluar rumah dan akan melakukan perjalanan jauh maka sebaiknya kita berwudhu terlebih dahulu, supaya di saat kita melakukan perjalanan badan kita dalam kondisi suci.

Sebelum diakhiri, dibukalah sesi tanya jawab yang berhubungan dengan topik. Alhamdulillah kegiatan tadarus dan kultum online hari ini berjalan dengan lancar. Semoga besok tetap bisa kita laksanakan kembali. Dan pembaca yang budiman mendapatkan manfaat serta ilmu dari kultum hari ini, aamiin.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031