SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tadarus & Kultum: Ayat Kursi

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Good evening smart people. How are you today? I hope you are still happy and healthy! Alhamdulillah hari ini kita memasuki hari kedua di bulan kedua, Selasa, 2 Februari 2021 yang hangat dan cerah. Seperti biasa pagi ini kami awali hari sebelum bekerja dengan ibadah salat sunnah dhuha dan tadarus Al Qur’an. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Ibu Tutik Widiyandari, S.Pd.

Kultum yang disampaikan berjudul Manfaat Membaca Ayat Kursi. Ayat kursi merupakan bagian dari surat Al-Baqarah, yaitu surat kedua di dalam Al-Aqur’an, dan merupakan ayat ke 255 dari surat tersebut. Meskipun seluruh ayat dari semua surat di Al-Qur’an adalah mulia, namun ayat kursi memiliki tempatnya sendiri. Di dalam ayat kursi, terdapat tiga macam tauhid, yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa, “Ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al Qur’an.” (Tafsir Al Qur’an Al-‘Azhim)

Keutamaan dari membaca Ayat Kursi adalah yang pertama, memiliki keagungan melebihi langit dan bumi. Kedua, bacaan dzikir sebelum tidur. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari). Ketiga, perantara masuk surga. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya, “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surgakecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Kemudian, manfaat dari membaca Ayat Kursi yaitu mendapat perlindungan dari Allah SWT, mendapat perlindungan dari dua malaikat, dimudahkan untuk memahami sesuatu, diperbanyak rezekinya, dijauhkan dari segala kejahatan, mendapat kasih sayang dari Allah SWT dan dijaga saat dalam perjalanan. Pembaca yang budiman, begitu banyak keutamaan dan manfaat dari membaca Ayat Kursi. Untuk itu marilah kita terapkan bersama dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kultum hari ini bisa menambah ilmu kita yang bermanfaat di dunia maupun akhirat. Aamiin ya rabbal alamin.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930