SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Strategi Sekolah Terencana dan Terukur

Januari adalah bulan yang penuh dengan perhitungan. Perhitungan dalam hal ini adalah perencanaan kegiatan sekolah untuk satu tahun ke depan. Apa saja yang direncanakan? Mulai dari analisa SWOT, bikin perencanaan strategik, review RKJM dan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT).

Pada awal 1940-an executive di bidang periklanan Osborn mengatakan bahwa kreativitas dapat ditingkatkan dengan cara memasukkan sekelompok orang ke dalam sebuah ruangan dan meminta mereka menaati sejumlah peraturan sederhana. contohnya menghasilkan sebanyak mungkin pemikiran, mendorong munculnya ide-ide gila dan berlebihan, serta tidak menilai komentar yang lain.

Ketika menjual metodenya ke dunia usaha, Osborn menyatakan bahwa sebagian besar orang muncul dengan dua kali lebih banyak pada saat mereka bekerja dalam kelompok daripada ketika mereka bekerja sendiri. Tidak mengherankan metode yang baru pun langsung berhasil menaklukkan dunia. Bertahun-tahun berbagai organisasi di seluruh dunia mendorong karyawan mereka untuk mengatasi berbagai masalah penting dengan menggunakan metode ini .

Pertanyaannya apakah penelitian yang dilakukan dengan bekerja kelompok lebih efektif dibanding bekerja sendiri? Nyatanya banyak ilmuwan yang sama sekali tidak yakin. Pada akhir 1880-an seorang insinyur pertanian asal Perancis bernama Mark Ringelmann berusaha membuat para pekerjanya bekerja seefisien mungkin.

Setelah melakukan melaksanakan berbagai eksperimen,  tanpa sengaja ia menemukan efek tak terduga yang kemudian mengilhami dilakukannya riset di bidang psikologi. Salah satu penelitian Ringelmann dilakukan dengan cara meminta seseorang menarik tali untuk mengangkat beban yang sangat berat. Ringelmann menyangka orang yang berada dalam kelompok akan bekerja lebih keras untuk dapat mengangkat beban lebih berat.  Hipotesisnya salah, mereka yang bekerja sendiri ternyata justru memperlihatkan pola sebaliknya. Ketika bekerja  sendiri setiap orang mampu mengangkat sekitar 85 kilo tetapi hanya 65 kilo jika berada dalam kelompok .

Kesimpulannya adalah sebagian besar disebabkan oleh penyebaran tanggung jawab. Pada waktu bekerja sendiri keberhasilan atau kegagalan seorang sepenuhnya bergantung pada kemampuan dan kerja keras orang yang bersangkutan. Mereka bekerja dengan baik kemenangan akan menjadi milik mereka bila mereka gagal mereka yang menanggung akibatnya.

Memasukkan orang lain ke dalam pekerjaan itu  akan serta merta merasa aman karena mereka tahu bahwa meski tidak akan menerima pujian untuk sendiri apabila kelompok mereka berhasil dengan baik mereka selalu menyalahkan orang lain jika mengalami kegagalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang bekerja menggunakan kelompok tanpa sengaja membuat kreatifitas mereka menurun. Jadi tidak termotivasi untuk mencurahkan waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menghasilkan ide-ide besar sehingga akhirnya hanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk berpikir sesuai kebiasaan.

Menurut Wursanto 2003:230, pembagian tugas adalah hal yang sangat penting karena yang pertama pengetahuan, kemampuan dan keahlian sangat terbatas, sehingga tidak mungkin seseorang dapat melakukan semua jenis tugas sementara kegiatan dalam organisasi sangat kompleks. Yang kedua seseorang tidak mungkin mampu mengerjakan dua jenis tugas yang berbeda pada saat yang sama. Yang ketiga tidak mungkin seseorang dapat berada pada dua tempat pada saat yang sama. Dan yang keempat setiap orang memiliki banyak kekurangan dan kelemahan, namun dalam hal- hal tertentu pasti memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.

Pembagian kerja akan memberikan ketegasan dan standar tugas yang harus dicapai seorang pejabat yang memegang jabatan tersebut sehingga pejabat yang memegang jabatan tahu apa yang harus dilakukan agar pejabat tersebut tidak salah dalam menjalankan tugas yang telah diberikan. Pembagian pekerjaan ini menjadi dasar untuk menetapkan spesifikasi pekerjaan dan evaluasi pekerjaan bagi pejabat yang memegang jabatan tersebut.

Pembagian kerja yang kurang jelas akan mengakibatkan seorang pejabat kurang mengetahui tugas dan tanggung jawabnya karena pejabat tersebut akan ragu dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang akan dijalankannya. Hal ini mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak beres yang berakibat pada tidak tercapainya tujuan perusahaan. Disinilah letak pentingnya peranan pembagian kerja dalam setiap perusahan atau organisasi agar pekerjaan yang dilimpahkan kepada para pejabat dapat dijalankan dengan maksimal sehingga pencapaian tujuan perusahaan dapat tercapai.

Untuk keeefektifan dan efisiensi pekerjaan, SMKN 1 Tuntang membagi tugas di awal tahun. Sebanyak 40 tugas tambahan dan 40 kepanitiaan sudah didistribusikan ke semua warga sekolah. Hal ini bertujuan setiap personil yang terlibat dalam kegiatan itu sudah siap dengan perencanaan di awal tahun. Untuk memudahkan pemantauan, sekolah membuat dua aplikasi yaitu aplikasi usulan kegiatan dan aplikasi laporan pelaksanaan kegiatan. Lewat aplikasi ini semua pihak bisa saling memantau.

Catatan CEO SMKN 1 Tuntang

Tuntang, 11 Januari 2021

4 komentar

Sri Handayati. MPd, Senin, 11 Jan 2021

Smart SMK Tuntang Memeng hebat

Balas

Mastoyah, Senin, 11 Jan 2021

SMKN 1 Tuntang memang TOP

Balas

Lilis, Senin, 11 Jan 2021

Luar biasa pak CEO. Semangat sukses dan menginspirasi

Balas

Murilah, Rabu, 13 Jan 2021

Semangat selalu .smkn1 tuntang
Salam dr smpn 1 ambal kebumen

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930