SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-05-2022
  • 3 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 5 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 5 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
SMKN Satu Tuntang Gelar US dengan CBT

Senin, 11 April 2022, SMK Negeri Satu Atap Tuntang melaksanakan Ujian Sekolah bagi peserta didik kelas XII (dua belas). Ujian sekolah pada hari pertama ini nantinya akan berlangsung selama 7 (tujuh) hari, sampai dengan tanggal 20 April 2022 mendatang. Dimulai pada pukul 07.30, ujian sekolah ini menggunakan sistem CBT yang merupakan singkatan dari Computer Based Test.

Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer sendiri merupakan tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal pada sistem CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Banyak sekali kelebihan yang kita dapat dalam penggunaan CBT. Sebagai contoh, peserta tes dapat mengakses soal tes secara online namun tanpa menggunakan kuota atau paket data. Selain itu, penggunaan sistem CBT memungkinkan pelaksanaan tes tanpa menggunakan kertas yang dapat menghabiskan dana, dan nantinya terbuang sia-sia. Nantinya, nilai bisa langsung muncul dan diunduh oleh masing-masing guru.

Kepala SMKN Satu Atap Tuntang, Ibu Mariati, S.Pd., M.Pd., menuturkan, “Penilaian hasil belajar termasuk ujian sekolah menggunakan CBT dan ABT yang dilaksanakan di SMKN Satu Atap Tuntang merupakan langkah awal yang dilakukan untuk menuju digitalisasi sekolah. Selain ramah lingkungan atau paperless, CBT dan ABT ini tidak menggunakan kuota internet yang jelas ramah biaya. Sehingga peserta didik tetap bisa mengerjakan ujian meskipun tidak memiliki kuota internet, mereka hanya perlu menyambungkan dengan wifi sekolah. CBT dan ABT bisa menjadi salah satu solusi dalam pelaksanaan penilaian di sekolah-sekolah.”

“Ujian sekolah SMKN Satu Atap Tuntang kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini kami menggunakan sistem CBT, menurut saya CBT sangat ringkas digunakan karena dapat meminimalisir peserta didik untuk mencari jawaban soal dari internet. Sehingga diharapkan mereka bisa lebih teliti dan konsentrasi dalam mengerjakan soal,” ungkap Ibu Iva Luthfiana, S.Pd., guru mata pelajaran Produktif yang bertugas sebagai operator ujian sekolah.

Manfaat menggunakan CBT juga dapat dirasakan langsung oleh peserta didik. Ariana, peserta didik dari jurusan Tata Busana mengatakan, “Alhamdulillah ujian berjalan dengan lancar, tidak ada kendala dan tertib. Karena menggunakan komputer, maka soal mudah diakses sehingga kami bisa fokus dan nyaman mengerjakan soal-soal ujian.”

Semoga pelaksanaan ujian sekolah SMKN Satu Atap Tuntang hari ini dan 6 (enam) hari ke depannya berjalan dengan baik dan lancar. Semangat dan teruslah berjuang bagi peserta didik SMKN Satu Atap Tuntang kelas XII (dua belas). Doa terbaik Bapak Ibu Guru akan selalu mengiringi langkah kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Mei 2022
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031