SEKILAS INFO
: - Minggu, 23-01-2022
  • 4 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021, Bersatu, Bangkit dan Tumbuh
SMKN 1 Tuntang Siap Berbagi Menyusun Perencanaan Sekolah Tahun 2022

Tidak terasa ini sudah masuk Bulan Desember 2021. Bisa jadi bulan di akhir tahun ini menjadi waktu tersibuk kepala sekolah dan warga nya karena ada kegiatan Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS). Dari PPKKS ini baik tahun maupun empat tahunan menjadi potret kinerja sekolah dalam kurun waktu 1 atau kumulasi 4 tahun. Kegiatan evaluasi kinerja ini akan dipotret hasil berpredikat Kurang, Cukup, Baik dan Sangat Baik.

Alhamdulillah PPKKS SMKN 1 Tuntang tanggal 24 Nopember 2021 memberikan hasil maksimal dengan predikat Sangat Baik. Sebuah prestasi yang patut disyukuri oleh semua warga sekolah.

Bulan depan tahun baru di depan mata. Apa yang akan dilakukan sekolah setahun ke depan? Bayangan itu muncul dalam bentuk perencanaan manajemen sekolah. C.E. Beeby mendefinisikan  perencanaan pendidikan adalah suatu usaha melihat ke masa depan dalam hal menentukan kebijaksanaan, prioritas dan biaya pendidikan dengan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada dalam kegiatan ekonomi, sosial dan politik untuk pengembangan potensi sistem pendidikan nasional, memenuhi kebutuhan bangsa dan anak didik yang dilayani oleh sistem tersebut.

Sementara Comb menyebut perencanaan pendidikan merupakan aplikasi analisis rasional dan sistematik dalam proses pengembangan pendidikan yang bertujuan menigkatkan efektivitas dan efisiensi pendidikan dalam usahanya memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan (pendidikan) baik tujuan yang berhubungan dengan anak didik maupun masyarakat.

Menurut tingkatannya, perencanaan di sekolah meliputi dua hal yaitu Perencanaan Strategik (Renstra). Perencanaan strategic mengutip  Johnson Kast Rozens-Weig yaitu “proses penentuan sasaran utama, kebijaksanaan yang mengatur pengadaan dan pendayagunaan sumber-sumber serta strategi yang mengatur sumber pengadaan  dan pendayagunaan sumber untuk pencapaian tujuan.

Yang kedua Perencanaan Operasional. Perencanaan ini memusatkan perhatian pada apa yang akan dikerjakan pada tingkat pelaksanaan di lapangan dari suatu rencana strategi. Hal ini berarti bahwa setiap kegiatan dalam perencanaan operasional selalu bersifat spesifik dan selalu memberikan petunjuk yang kongkrit tentang bagaimana suatu kegiatan dilaksanakan menurut prosedur, aturan, dan ketentuan yang ditetapkan secara jelas karena langsung melihat kondisi di lapangan yang menyebabkan munculnya data yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur serta biasanya dipergunakan juga dimensi uang.

Apa saja yang dilakukan oleh sekolah di Bulan Desember ini untuk membuat perencanaan itu? Beberapa langkah dilakukan oleh TPMPS (Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah) antara lain review RKJM, melakukan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) berdasarkan Raport Mutu melalui SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan RKAS (Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah). Seperti apa saja dokumen itu? SMKN 1 Tuntang siap berbagi melalui Webinar Menyusun Rencana Kerja Sekolah tahun 2022.

Bapak dan Ibu Kepala Sekolah, Tim Pengembang, Guru dan Calon Kepala Sekolah yang berminat silahkan mendaftar GRATIS disini :

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Januari 2022
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31