SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
SMKN 1 Tuntang Adakan Forum Ilmiah Persiapan Seleksi ASN PPPK

Rabu, 7 April 2021, SMK Negeri 1 Tuntang mengadakan Forum Ilmiah untuk pertama kalinya. Forum ilmiah tersebut adalah kegiatan peningkatan kompetensi profesional guru SMKN 1 Tuntang, yang akan rutin dilaksanakan secara mingguan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi seleksi ASN PPPK (Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang semakin dekat. Narasumber berasal dari guru-guru SMKN 1 Tuntang sendiri. Sedangkan materi yang disampaikan berupa kompetensi pedadogi, sosiokultural, managerial, dan teknis.

Bapak Heru Supriyanto, S.Th.I., guru Pendidikan Agama Islam bersama Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. Kepala SMKN 1 Tuntang, berkesempatan untuk menjadi narasumber. Didampingi oleh Bapak Samhojin sebagai moderator, forum ilmiah siang ini dimulai pada pukul 13.00 WIB. Materi yang dibahas merupakan materi pedagogi dengan tema teori belajar. Teori belajar terbagi menjadi 4, yaitu behavioristik, kognitif, konstruktivistik dan humanistik yang terangkum dalam sebuah Power Point.

Teori belajar behavioristik menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku. Sedangkan pengertian belajar menurut teori belajar kognitif merupakan perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan dapat diukur. Di sisi lain, pandangan konstruktivistik mengemukakan bahwa belajar merupakan usaha pemberian makna oleh peserta didik kepada pengalamannya melalui asimilasi dan akomodasi yang menuju pada pembentukan struktur kognitifnya, memungkinkan mengarah kepada tujuan tersebut. Kemudian menurut teori humanistik tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. Proses belajar dianggap berhasil jika siswa telah memahmai lingkungan dan dirinya sendiri.

Peserta forum ilmiah juga merupakan guru-guru SMKN 1 Tuntang. Para guru merasa bersemangat dan termotivasi dengan adanya kegiatan tersebut. Karena selain dapat memperdalam ilmu persiapan seleksi ASN PPPK, forum ini juga menjadi sarana aktualisasi diri. Kegiatan forum ilmiah dibuka oleh Ibu Tutik Widiyandari, S.Pd., guru mata pelajaran matematika. Beliau menjelaskan bahwa forum ilmiah akan dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama adalah pre test, kedua pemaparan, ketiga diskusi atau tanya jawab, lalu yang terakhir ditutup dengan post test.

“Forum ilmiah yang diadakan oleh SMKN 1 Tuntang dengan tema teori belajar ini sangat menarik. Karena teori belajar merupakan satu modal yang harus dimiliki oleh guru, sebelum menyampaikan materi di dalam kelas,” ungkap Ibu Iva Luthfiana, S.Pd., guru mata pelajaran produktif. Dalam kesempatan itu pula, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., Kepala SMKN 1 Tuntang menjelaskan bahwa forum ilmiah mingguan merupakan langkah sekolah untuk membantu rekan-rekan guru GTT belajar meningkatkan kompetensinya sebagai guru. “Forum ilmiah akan berlangsung setiap minggu dengan materi yang berbeda dan narasumber bergantian,” imbuhnya.

Penulis             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930