SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-05-2024
  • 9 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 78 MERDEKA NEGERI KU MERDEKA BANGSA KU
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 2 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
Photo Produk Sebagai Rangkaian Pembelajaran Di Jurusan Tata Busana SMK Negeri Satu Atap Tuntang

Tata Busana merupakan salah satu jurusan Di SMK N Satu Atap Tuntang. Pada jurusan ini terdapat berbagai macam mata pelajaran produktif, salah satunya adalah Pembuatan Busana Custome Made pada kelas XII. Pembuatan Busana Custome Made adalah pelajaran yang mengajarkan pengetahuan dan keterampilan tentang cara membuat busana secara  custome sesuai dengan ukuran pelanggan dan desain masing- masing. Pada pelajaran ini terdapat project atau praktik yang harus dikerjakan siswa seperti pembuatan kebaya modifikasi. Pada pembelajaran ini, siswa membuat kelompok kerja yang memiliki 1 tema/ konsep desain. Masing- masing siswa membuat 1 desain kebaya modifikasi yang akan diwujudkan. Pada akhir proses pembuatan project kebaya modifikasi, siswa- siswa melakukan photoshoot sederhana sebagai salah satu cara promosi produk yang telah dihasilkan.

Fashion photography diartikan sebagai sebuah seni fotografi yang dibuat khusus untuk memperlihatkan pakaian, aksesoris, dan dokumentasi dari berbagai hal yang berkaitan dengan penjualan pakaian (Nawangwulan, 2022). Fashion photography dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti catalogue photography, street fashion photography, editorial fashion photography, high fashion photography, lookbook photography dan creative fashion photography. Pada pembelajaran Costume Made, jenis fashion photography yang digunakan adalah catalogue photography, di mana tujuan pembuatan photo yaitu untuk menjual produk busana. Proses pembuatan photo yaitu dengan menentukan konsep yang akan digunakan, membuat settingan tempat dan melakukan photoshoot dengan berbagai pose dan angel. Pada tahap terakhir yaitu melakukan editing sederhana. Anggita Fortuna Dewi sebagai guru pengampu mata pelajaran Custome Made juga menambahkan “Kegiatan pembuatan catalogue photography ini merupakan salah satu bagian dari promosi produk busana yang telah dibuat. Dengan pembuatan photo produk ini, diharapkan siswa memiliki pemahaman bahwa photo produk merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam project pembuatan busana.”

Diharapkan praktik ini ke depannya semakin berkembang menjadi lebih baik dan menghasilkan photo produk yang menampilkan kratifitas dan inovasi dari siswa- siswi. Photo produk yang dibuat selain untuk promosi busana yang telah dihasilkan juga menjadi media promosi sekolah.

Penulis: Anggita Fortuna Dewi, S.Pd.

Editor: Anggita Fortuna Dewi, S.Pd.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773
TELEPON 085641080982
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031