SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-05-2022
  • 3 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 5 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 5 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Pesantren Kilat SMKN Satu Atap Tuntang

Ramadhan sudah di penghujung jalan, sehingga umat muslim harus ‘mengencangkan ikat pinggang’ agar semakin rajin beribadah. Guna menambah dan meningkatkan rasa spiritual peserta didik, maka SMK Negeri Satu Atap Tuntang mengadakan pesantren kilat selama 2 (dua) hari. Rabu, 27 April 2022, merupakan hari pertama kegiatan pesantren kilat dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas). Kegiatan ini dilaksanakan di RPS (Ruang Praktik Siswa) Tata Busana, bersesi dan tentu saja menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pesantren kilat yang akan dilaksanakan mulai dari Rabu sampai dengan Kamis, 27 – 28 April 2022 tersebut diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ibu Mariati, M.Pd., Kepala SMKN Satu Atap Tuntang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan betapa pentingnya bulan Ramadhan bagi umat muslim. Sehingga seluruh umat muslim harus berlomba-lomba berbuat kebaikan, utamanya bagi peserta didik yang harus berbuat kebaikan di lingkungan sekitar dan di sekolah.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan salat Dhuha berjamaah oleh seluruh peserta didik, guru dan karyawan SMKN Satu Atap Tuntang, dengan Juli Mufti Siroj, S.Pd., sebagai imam. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan mujahadah, demi meminta kelancaran proses pembuatan jalan masuk sekolah. Mujahadah yang khusu’ tersebut dipimpin oleh Harnanto, S.Pd. kegiatan selanjutnya yakni membaca ayat suci Al Qur’an juz 29 (dua puluh sembilan) bersama-sama.

Memasuki kegiatan selanjutnya, yaitu siraman rohani bagi peserta didik yang disampaikan oleh Aji Pranoto, S.Pd. Siraman rohani yang disampaikan adalah tentang ibadah yang baik di mata Allah SWT. Utamanya ibadah di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Peserta didik dihimbau untuk tetap istiqomah melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya, di akhir-akhir penghujung Ramadhan. Bagi peserta didik non-Islam, kegiatan siraman rohani dipimpin oleh Naumi Ambarwati, S.Th.

Acara terakhir yakni pemutaran film pendek berjudul ‘Pulang.’ Film ini bercerita tentang penyesalan seorang anak yang belum bisa membahagiakan orang tuanya. Dengan raut muka penasaran dengan jalan ceritanya, peserta didik antusias menyaksikan pemutaran film pendek tersebut. “Film ini sangat mengharukan. Film pendek berjudul ‘Pulang’ juga mengajarkan kepada kami agar senantiasa berbakti kepada kedua orang tua, selama masih hidup,” ujar Maulana Habib, peserta didik kelas X TKJ 1.

Ketua panitia, Nurul Rahmawati, M.Pd., mengungkapkan rasa syukurnya, “Pesantren kilat hari pertama ini berjalan lancar atas izin Allah SWT. Semoga kegiatan di hari esok juga berjalan dengan baik dan sukses, membawa manfaat untuk seluruh warga SMKN Satu Atap Tuntang.” Itulah seluruh rangkaian kegiatan pesantren kilat SMKN Satu Atap Tuntang di hari pertama. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun. Semoga di bulan Ramadhan ini kita semua mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT, aamiin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Mei 2022
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031