SEKILAS INFO
: - Selasa, 25-06-2024
  • 1 bulan yang lalu /
  • 10 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 78 MERDEKA NEGERI KU MERDEKA BANGSA KU
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
Penjaringan Kesehatan SMKN Satu Atap Tuntang oleh UPTD Puskesmas Gedangan

Kamis, 11 Agustus 2022, UPTD Puskesmas Gedangan dengan sejumlah 6 (enam) tenaga kesehatan melaksanakan penjaringan kesehatan peserta didik SMK Negeri Satu Atap Tuntang. Penjaringan kesehatan ini dilaksanakan secara berkala, bagi peserta didik dari kelas X (sepuluh) sampai dengan XII (dua belas). Penjaringan kesehatan anak sekolah atau screening adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan, agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama-sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Penjaringan kesehatan peserta didik meliputi pertama pemeriksaan fisik seperti berat badan, tinggi badan, penglihatan, pendengaran, gigi, gizi dan lain-lain. Kedua, status imunisasi seperti vaksinasi. Ketiga, kesehatan intelegensia seperti kesulitan belajar. Keempat, kesehatan mental. Kelima, kesehatan reproduksi. Selanjutnya pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan hemoglobin dan kecacingan. Terakhir yakni kebugaran jasmani.

“Tes screening ini juga dapat mendeteksi 9 (sembilan) penyakit seperti kanker payudara, osteoporosis, tuberculosis, kanker usus, abdominal aortic aneurysm (AAA), penyakit kandung empedu, kanker ovarium dan stenosis arteri karotis,” kata Pujiati, S.KM., salah satu tenaga kesehatan yang bertugas.

Di samping itu, salah satu peserta didik juga memberikan pendapatnya terkait penjaringan kesehatan atau screening yang dilaksanakan di SMKN Satu Atap Tuntang. “Setelah penjaringan kesehatan tadi, saya merasa lebih tenang karena dapat mengetahui kondisi tubuh saya. Saya juga mendapatkan informasi terkait penyakit yang mungkin saya derita,” ungkap Sani Miftakhurohman, peserta didik kelas X (sepuluh) Teknik Otomotif 2.

 

Penulis          : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773
TELEPON 085641080982
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930