SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Tetap Produktif di Masa Pandemi!

COVID-19 belum usai, bagaimana cara agar tetap produktif dan kreatif di tengah pandemi? Meskipun kini telah ada kebijakan new normal, setiap orang tetap diwajibkan menjaga jarak dan mengikuti sejumlah protokol kesehatan. Masa pandemi COVID-19 tentu menjadi tantangan baru bagi setiap orang. Banyak hal yang harus diadaptasi untuk menyesuaikan diri dengan situasi. Tak dapat dipungkiri, pandemi ini telah mempengaruhi aktivitas banyak orang. Ada yang mendapatkan pengaruh positif maupun sebaliknya. Salah satu rintangan yang seringkali dihadapi adalah mencari cara agar tetap produktif dan kreatif di masa pandemi.

Pandemi global ini telah memporak-porandakan segala bidang dalam kehidupan, salah satunya bidang ekonomi. Banyak jenis pekerjaan atau profesi tertentu yang mengalami hal-hal tidak terduga, misalnya PHK karyawan di suatu perusahaan atau omset penjualan yang menurun drastis. Untuk itu, Anda memerlukan cara bekerja produktif di masa-masa pandemi sekarang ini.

Walaupun masih terdaftar sebagai karyawan di suatu perusahaan, waktu dan cara bekerja seseorang bisa saja berubah karena banyak juga orang yang bekerja dari rumah saja. Namun, bekerja sekaligus mengurusi rumah adalah hal yang tidak mudah. Walaupun bekerja dari rumah tetap harus bisa bekerja secara produktif dan kreatif.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika harus bekerja dari rumah, cara ini akan membuat kita tetap produktif dan bahagia walaupun harus banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Berikut ini cara untuk bekerja secara produktif dari rumah antara lain pertama Membuat Jadwal Harian. Buatlah jadwal secara harian yang bukan hanya berisi kapan saja waktu untuk menyelesaikan tugas kantor, tetapi jadwal tersebut berisi rincian utuh aktivitas. Dimulai dari bangun hingga tidur kembali di malam hari. Cara ini cukup efektif untuk membuat kesadaran lebih terlatih, dengan segala kegiatan yang dilakukan setiap hari.

Cara kedua adalah Mengingatkan Orang Rumah. Cara berikutnya yaitu dengan memberi penjelasan pada orang-orang di rumah bahwa saat ini Anda sedang bekerja dari rumah, sehingga membutuhkan ruang dan waktu yang khusus untuk fokus pada pekerjaan. Hal ini dilakukan supaya mereka tidak mengganggu Anda ketika Anda sedang fokus pada tugas kantor.

Jangan Banyak Menggunakan Handphone sebagai cara ketiga. Banyak melakukan aktivitas di rumah biasanya membuat kita tak lepas dari handphone. Bahkan di kantor pun membuka sosial media hingga e-commerce selalu menjadi godaan tersendiri, sehingga Anda sering mencuri waktu. Ketika bekerja dari rumah Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan handphone, karena Anda menjadi tidak disiplin dengan jam kerja Anda sendiri.

Tidak kalah penting juga cara keempat yaitu Membuat Ruang Kerja Khusus. Supaya cara bekerja Anda tetap nyaman, sebaiknya Anda membuat ruangan kerja secara khusus yang digunakan selama bekerja di rumah. Jangan menggunakan kasur sebagai media untuk bekerja, karena Anda akan lebih banyak mengantuk atau malas beraktivitas. Jika tak punya ruangan lebih di rumah, Anda bisa menaruh kursi dan meja di mana saja yang penting aman dan nyaman.

Cara kelima adalah Mengikuti Kelas atau Seminar Online. Apabila mulai merasa bosan ketika sedang tidak bekerja, maka bisa menambah kegiatan dari rumah dengan mengikuti kelas atau seminar online yang bermanfaat. Hal ini juga dapat meningkatkan skill dalam pekerjaan, sehingga nantinya makin mudah beradaptasi dengan cara kerja yang baru pasca pandemi.

Cara terakhir adalah Rutin Olahraga agar Tetap Bugar di Tengah Pandemi. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga menjadi prioritas yang harus dilakukan di tengah pandemik COVID-19. Membatasi aktivitas di luar rumah tentu menjadi hal yang membosankan. Hal ini dapat menjadi pemicu stress. Untuk mencegahnya, diperlukan beberapa aktivitas fisik, salah satunya adalah olahraga. Olahraga juga bisa membantu kamu meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran tubuh. Kita tak perlu melakukan olahraga berat dengan durasi yang lama. Hal yang terpenting adalah konsisten dalam melakukannya.

Cara-cara yang baru saja dibahas merupakan cara tepat yang bisa dilakukan untuk tetap bekerja produktif dari rumah. Cara tersebut juga akan membantu kita menjadi lebih disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan setiap harinya. Dan selalu ingat, #KitaJanganMenyerah!

Penulis: Nunung Fika Amalia, S.Pd
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd

Pengumuman sebelumnyaIstilah Babi dalam Bahasa Inggris Pengumuman setelahnyaNovel Senja Abu-Abu Seri 6

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031