SEKILAS INFO
: - Minggu, 23-01-2022
  • 4 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021, Bersatu, Bangkit dan Tumbuh
Purging Pada Kulit Wajah

Purging adalah proses yang terjadi karena kulit melakukan penyesuaian dengan produk skincare yang tengah digunakan. Hal tersebut ditandai dengan keluarnya sel kulit mati pada kulit secara menumpuk. Pada saat proses tersebut telah terlewati, biasanya kulit akan lebih bersih, lembut, dan cerah. Purging berasal dari kata purge yang mana mengacu pada proses pembersihan. Hal tersebut dapat terjadi karena produk skincare tertentu memiliki kemampuan secara khusus untuk dapat melakukan penetrasi hingga ke dalam kulit sebagai bentuk pembersihan dan juga perbaikan pada lapisan bawah dari kulit.

Berikut merupakan ciri purging pada kulit. Pertama, berwarna kemerahan serta gatal. Kemunculan purging dapat ditandai dengan warna kulit yang berubah tampak kemerah-merahan. Hal tersebut menjadi ciri khas yang umum dan masih dalam kategori ringan. Tak hanya itu saja, didapati juga ciri purging yang cenderung membuat kulit gatal, yang mana diakibatkan dari keluarnya racun yang terdapat pada lapisan bawah kulit. Kedua yaitu terjadi pengelupasan pada kulit. Hal ini ditandai dengan kulit yang mengelupas dalam bentuk yang tipis. Menandai bahwa produk skincare yang tengah digunakan telah bekerja dan bereaksi pada kulit. Adapun kulit tipis yang telah terkelupas tersebut merupakan sel kulit mati yang membuat kulit jadi lebih lembut serta halus.

Ciri yang ketiga adalah kulit yang berubah jadi bersih dan cerah daripada ssbelumnya.Hal ini karena sel kulit mati yang lama telah terkelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Selain itu, menjaga kulit tetap bersih dan juga lembap dapat dilakukan untuk mengurangi ciri dan gejala purging yang umumnya terjadi ketika penggunaan skincare tertentu.

Berapa lama gejala purging berlangsung? Jangka waktu selama 1 sampai 2 minggu tersebut digunakan produk skincare untuk mengeluarkan jerawat pada kulit wajah. Biasanya setelah pemakaian lebih dari 2 minggu, akan dijumpai hasil berupa kulit yang lebih bersih daripada sebelumnya. Namun akan berbeda hasilnya jika jerawat di wajah tidak hilang setelah 1 bulan pemakaian. Hal tersebut mengindikasikan terjadinya gejala breakout pada kulit, yakni kulit tidak cocok dengan produk kecantikan yang tengah digunakan, sehingga menimbulkan reaksi berupa jerawat yang waktunya lama dan terus menerus. Tidak jarang dapat bertambah parah dengan kulit yang semakin berminyak dan timbul iritasi pada saat penggunaan.

Itulah informasi tentang purging, di mana purging adalah sebuah proses pembersihan kulit wajah setelah penggunaan skincare tertentu yang mana umumnya berlangsung sekitar 1 sampai dengan 2 minggu, untuk kemudian memperoleh kulit yang lebih bersih dan cerah. Tim dokter dari Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan,”Sebaiknya selalu gunakan produk kosmetik atau perawatan kulit yang terdaftar di BPOM untuk keamanan. Apabila ada masalah kulit dapat segera dikonsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.”

 

Penulis : M Samhojin, A.Md.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

 

Pengumuman sebelumnyaMembentuk Karakter Untuk Membangun Mental Siswa Pengumuman setelahnyaEvaluasi untuk Masa Depan dari Covid 19

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Januari 2022
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31