SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Pentingnya Persatuan untuk Kemajuan

Suatu tim dalam olah raga misalkan sepak bola tentu saja di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang bisa bermain di sebuah lapangan. Pemain intinya biasanya berjumlah 11 orang dan sekelompok yang lain akan berada di luar dari lapangan pertandingan. Sekalipun antara pemain dan kelompok yang lain tersebut terbilang terpisah, namun sesungguhnya mereka adalah sebuah kesatuan. Di luar para pemain inti yang tampak di laga pertandingan, masih ada pemain cadangan, dokter, pelatih tim, manager dan masih banyak lagi yang lainnya. Sekalipun yang nampak hanyalah para pemain, namun peran dari individu yang ada di luar lapangan tentu amat diperlukan.

Ada gambaran sederhana, yaitu misalnya saja supporter malas untuk memberikan semangat kepada pemain atau bahkan mencemooh dan merendahkan mereka yang ada di lapangan, maka tentu saja para pemain yang ada di lapangan tersebut semangatnya menjadi menurun. Sekalipun supporter tidak nampak ikut bertanding di area pertandingan, namun mereka mempunyai dampak yang besar atas permainan yang dimainkan oleh tim. Adapun gambaran lainya adalah sejarah dari bangsa Indonesia yang dijajah oleh Belanda dalam waktu kurang lebih 350 an tahun. Di antara yang dilakukan oleh Belanda pada saat itu adalah menggunakan strategi pecah belah. Sehingga, berbagai bentuk perlawanan yang dilakukan pada masa penjajahan tersebut amat mudah untuk dipatahkan lantaran sifatnya hanya kedaerahan.

Kekalahan atas berbagai perlawanan yang ada terhadap penjajah tidak lain adalah karena tidak adanya koordinasi untuk melawan penjajah antara daerah yang satu dengan daerah yang lain sehingga masing-masing menjadi terpecah dan tidak ada kesatuan. Bayangkan saja seorang superman yang sekalipun kuat harus melawan musuh yang bersatu, tentu saja akhirnya akan kalah. Sehingga di sini bisa diambil pelajaran bahwa kebaikan yang terpecah belah bisa dikalahkan oleh kejahatan yang terbingkai dalam persatuan.

Demikian juga hari ini dimana masing-masing daerah ingin kemerdekaan masing-masing. Tentu saja ini memberikan pengaruh tersendiri kepada Negara Indonesia. Jika hal tersebut dilakukan secara bersama-sama, tentu saja Negara ini menjadi bubar. Oleh karenanya, yang diperlukan adalah suatu bentuk persatuan. Sekalipun perbedaan adalah hal yang niscaya. Namun dengan adanya perbedaan tersebut justru menjadi saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

Persatuan memang amat dibutuhkan sekalipun itu di dalam rumah tangga, perusahaan sampai kepada instansi pemerintah. Tidak hanya itu, di dalam hal agama pun persatuan juga amat dibutuhkan, baik itu yang sesama agama atau yang berbeda agama. Karena jika tidak demikian, perpecahan dan permusuhan akan terjadi dimana-mana. Sehingga, diperlukan rasa saling menghormati dan juga menjunjung tinggi bekersamaan. Ada banyak fakta uang menjadi bukti kekuatan adanya persatuan, baik itu pada tataran mikro atau makro Indonesia. Misalnya saja dahulu ketika Indonesia dijajah dan akhirnya mendapatkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 muncul karena adanya persatuan, khususnya antara Bung Karno dan Bung Hatta yang sama-sama bersatu. Jika saat itu tidak ada persatuan bagi para pahlawan di negeri ini, maka kemerdekaan tersebut tentu saja tidak akan berhasil diperoleh.

Ace hardware merupakan satu dari beberapa contoh perusahaan kecil yang bersama-sama membentuk suatu koperasi. Mereka menjual barang kebutuhan bersama untuk pertukaran dan juga perabotan rumah tangga dengan mengangkat satu merk yang dikenal dengan Ace Hardware. Kini, ia menjadi perusahaan kelas dunia. Sehingga persatuan niscaya diperlukan sekalipun itu dalam rumah tangga. Dengan tidak adanya persatuan, maka rumah tangga tidak akan menjadi harmonis. Akhirnya keluarnya tidak akan menjadi tentram dan damai. Untuk dapat meningkatkan persatuan itu sendiri, ada banyak hal yang dapat dilakukan. Meski tentu saja persatuan dalam rumah tangga berbeda dengan persatuan di dalam perusahaan atau Negara. Namun, yang bisa diambil dari kesemuanya adalah bagaimana setiap orang bisa menjalankan peran mereka masing-masing.

Dengan cara yang paling baik. Misalnya saja dalam hal terkecil dalam suatu keluarga, anak sebaiknya mengikuti apa yang sudah menjadi aturan keluarga. Dan untuk orang tua sebaiknya memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya. Untuk menjaga persatuan di dalam tataran Negara, seseorang perlu menjadi seorang warna Negara yang baik. Tentunya setiap orang harus mengikuti apa yang menjadi aturan pemerintah. Selain itu, juga tidak melakukan berbagai tindakan yang berseberangan dengan norma masyarakat. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan persatuan adalah dengan meningkatkan kepercayaan kepada pemimpin. Entah itu di dalam sebuah tim olah raga, rumah tangga bahkan Negara. Percaya bahwa pemimpin akan memberikan yang terbaik untuk rakyat yang ada di bawahnya.

Dan untuk pemimpin sendiri tentu saja harus menjalankan kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Bahkan, ada salah satu teori yang menyatakan bahwa semakin besar tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang pemimpin, maka hak pribadinya akan semakin mengecil.

Dari pernyataan di atas, hendaknya seorang pemimpin mementingkan kepentingan tim dibandingkan dengan kepentingan pribadi mereka. Karena di antara faktor yang menyebabkan seorang pemimpin terjerat korupsi adalah tidak adanya kesadaran bahwa dengan menjadi pemimpin. Seharusnya hak pribadi mereka berkurang demi kepentingan rakyatnya. Sehingga bisa diambil pemahaman bahwa peran terbaik seseorang sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan antara satu dengan yang lain.

Penulis : Juli Mufti Siroj
Editor : Nulul Rahmawati, M.Pd

Pengumuman sebelumnyaBahagianya Bersikap Jujur Pengumuman setelahnyaMenjadikan Guru Profesi yang Membanggakan

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930