SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Perkembangan  teknologi  yang maju  begitu  pesat  di  awal tahun 1970-1980 membuat sistem komunikasi dan komputer berkembang  begitu cepat. Hal ini membuat  dunia industri berlomba untuk memproduksi teknologi informasi secara massal. Perkembangan dunia komunikasi dan komputer menjadi  satu sehingga membentuk  suatu  cabang  ilmu baru  yang  dikenal dengan istilah internet. Internet berasal dari kata Interconnected Networking, yang berarti hubungan dari beragam jaringan komputer di dunia saling berintegrasi membentuk suatu komunikasi global.

Pada    era    yang    serba   digital  dan    modern    seperti   sekarang ini, marak  beberapa  game berbasis online, yang  banyak dipopulerkan  oleh  kalangan remaja  sampai kalangan dewasa. Seiring dengan pesatnya perkembangan   teknologi internet, game   online juga mengalami  perkembangan yang begitu pesat. Game  online adalah game yang berbasis  elektronik dan  visual. Game online memungkinkan pemainnya tidak hanya dapat bermain dengan orang  yang  berada  di sekelilingnya, namun  juga  dapat bermain  dengan  beberapa pemain  lain  yang  berbeda lokasi, bahkan  sampai  di belahan  bumi lainnya. Anak dianggap   lebih  sering   dan rentan   terhadap penggunaan permainan  game online dari pada orang dewasa.

Adiksi  game  online dapat ditandai  oleh  sejauh  mana pemain  bermain game  secara berlebihan yang dapat berpengaruh negatif  bagi pemain game tersebut. Pelajar yang sering memainkan  game online, akan menjadi  ketagihan atau kecanduan.  Ketagihan memainkan game  online akan berdampak  buruk, terutama dari segi  akademik  dan  sosialnya.

Bahkan game  online juga membawa dampak  yang  besar terutama  pada  perkembangan anak  maupun jiwa  seseorang. Game  online kerap  membuat pemainnya  melupakan kehidupan sosial sebenarnya. Saat ini banyak  remaja yang menyisipkan  uang sakunya untuk  memainkan game  online hingga berjam-jam. Akibatnya, remaja  melupakan  banyak  hal yang  lebih penting seperti belajar, makan, beribadah, bahkan kesehatannya sendiri.

Game  online yang  beredar  luas di pasaran  bukan  hanya berfungsi sebagai  hiburan, tetapi juga dapat berperan merangsang daya  imajinasi fantasi. Sesuai dengan sifat game online yaitu menampilkan masalah kemudian memikirkan   masalah   tersebut dengan   hasil   menang   atau  kalah, membuat game online menyimpan  banyak kerugian.

Perkembangan teknologi dimaksudkan  untuk  membantu para  peserta didik dapat lebih maju lagi. Akan tetapi faktanya perkembangan teknologi tersebut dan  dengan  adanya game online, maka membuat siswa lebih mementingkan game online dan  menurunkan  motivasi belajar  mereka.  Prestasi belajar anak adalah harapan  semua orang  tua  dan  merupakan  cita-cita  setiap lembaga pendidikan.

Prestasi   belajar   gemilang  yang dicapai oleh   siswa merupakan lambang   kejayaan   suatu lembaga pendidikan.  Pencapaian hasil belajar tersebut juga perlu diciptakan antara pihak sekolah dengan dukungan orang tua. Belajar  merupakan  suatu  proses,  suatu  kegiatan  dan bukan  suatu hasil  atau tujuan. Belajar bukan hanya mengigat, akan  tetapi  lebih  luas  dari pada itu  yakni  mengalami  proses belajar.  Hasil  belajar bukan suatu  hasil latihan, melainkan perubahan kelakuan. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah  laku  individu  melalui interaksi  dengan  lingkungan. Adanya motivasi belajar dapat diihat dari prestasi yang didapat oleh  peserta  didik  dan  juga karakter  yang  dimiliki, baik pelajar sekolah ataupun mahasiswa perguruan tinggi.

Game  online  menjadi  pengaruh utama dalam  kegiatan  belajar mengajar  peserta  didik. Semakin lama permainannya semakin menyenangkan, mulai dari tampilan, gaya bermain dan lain sebagainya. Tak kalah juga bervariasi tipe permainan seperti perang, petualangan, perkelahian dan masih banyak lagi. Semakin menarik suatu permainan maka semakin banyak orang  yang memainkan  game  tersebut. Ketagihan memainkan game online akan berdampak buruk untuk segi akademik saat pemainnya masih dalam usia sekolah.

Penulis : Juli Mufti Siroj, S.T.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaHeutagogi untuk Pembelajaran Jaman Now Pengumuman setelahnyaFast Fashion Vs Slow Fashion

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031