SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Obat Covid yang Manjur

Angka pasien Covid di Indonesia semakin naik dan jumlah pasien yang meninggal dari hari ke hari bertambah. Walaupun angka kesembuhan juga menunjukan penambahan, Pemerintah menghimbau agar masyarakat terus di beberapa daerah melakukan upaya pencegahan penularan melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau pun mempercepat program vaksinasi.

Tantangan berat bagi dunia pada umumnya adalah menghadapi gelombang pandemi yang sudah memasuki 1 tahun lebih. Dunia seakan diminta untuk merestart ulang dinamika yang ada. Ibarat pertandingan lari marathon, dunia harus mengurangi laju kecepatan dan menarik nafas untuk kuat  menempuh jarak yang masih panjang. Meskipun sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala dan bisa dirawat di rumah, para tenaga medis di dunia berlomba menemukan obat untuk mengobati penyakit ini. Pada pasien dengan penyakit penyerta, infeksi Covid-19 bisa berakibat fatal. Itu sebabnya ratusan penelitian di berbagai negara dilakukan untuk memastikan pengobatan yang efektif mengatasi Covid-19. Namun, hingga kini belum ada obat yang benar-benar tepat dalam menangani virus tersebut.

Saat ini masyarakat cenderung mencari alternatif kesehatan dengan penanganan mandiri. Masyarakat mengusahakan mengkonsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan refresing. Merefresh pikiran akan membantu mengurangi beban hidup. Beribadah dan meditasi juga menjadi  salah satu kegiatan yang menenangkan jiwa. Mengusahakan pikiran dan hati tetap bahagia dan tenang akan menghasilkan hormon yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Perasaan dan emosi yang muncul pada diri Anda tidak terjadi begitu saja. Hal tersebut dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada di tubuh. Reaksi inilah yang bertanggung jawab terhadap perasaan positif maupun negatif. Di antara dua perasaan itu, tentu perasaan positif seperti bahagia, senang dan cinta yang paling diinginkan. Nah, inilah empat hormon-hormon bahagia yang ada di tubuh beserta cara meningkatkannya.

Pertama adalah hormon endorfin. Hormon ini merupakan obat penghilang rasa sakit alami tubuh Anda yang mampu memblokir rasa sakit. Cara untuk meningkatkan tingkat endorfin adalah dengan berolahraga dan makan makanan pedas. Lidah memiliki reseptor yang menangkap rasa pedas. Lalu otak menerimanya sebagai rasa sakit dan kemudian akan melepaskan hormon endorfin.

Hormon kedua adalah serotonin. Ini adalah kunci hormon kebahagiaan. Serotonin mengatur suasana hati, mencegah depresi pada diri Anda. Cara untuk meningkatkannya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari menyebabkan tubuh Anda untuk memproduksi vitamin D yang memicu pelepasan serotonin. Selain itu, pikirkanlah hal-hal yang bahagia. Otak Anda menghasilkan serotonin ketika Anda ingat kenangan atau memikirkan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Selanjutnya dengan mengonsumsi makanan seperti susu dan jagung, karena mengandung tryptophan, sebuah zat yang diubah tubuh menjadi serotonin.

Hormon ketiga yaitu dopamin.Dopamin adalah hormon kesenangan yang dilepaskan ketika Anda berusaha menuju tujuan. Hormon ini memotivasi Anda untuk bekerja keras mencapai tujuan tersebut. Inilah hormon yang membuat Anda waspada dan fokus akan suatu hal. Cara untuk meningkatkan kadar dopamin Anda adalah tetapkan tujuan harian atau bulanan. Hal ini membuat Anda fokus mengetahui hal apa yang ingin Anda capai minggu ini atau bulan ini. Lalu, tetapkan tujuan berolahraga. Hormon dopamin, akan meningkat bersama-sama dengan serotonin dan endorfin ketika berolahraga. Dengan menetapkan tujuan akan meningkatkan produksi dopamin bahkan lebih. Selain itu jangan lupa untuk makan makanan yang kaya protein.

Terakhir hormon oksitosin. Oksitosin adalah hormon cinta yang dilepaskan terkait hubungan percintaan dan melahirkan. Hormon ini juga meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan terhadap seseorang. Cara untuk meningkatkannya yakni dengan pijat. Melemaskan otot memicu pelepasan hormon ini. Selanjutnya, tunjukkan rasa sayang ke orang yang Anda kasihi. Dengan menyentuh, memeluk, mengusap orang yang Anda cintai bisa meningkatkan hormon oksitosin pada kedua belah pihak.

Beberapa pengetahuan tentang hormon-hormon yang dapat diproduksi oleh tubuh manusia tersebut,  menjadikan kita mengerti bahwa manusia diciptakan dengan sangat detail. Manusia dilengkapi system pertahanan yang luar biasa dibandingkan ciptaan yang lain. Memaksimalkan potensi yang ada adalah jalan terbaik untuk manusia lulus screening semesta.

 

Penulis : Naumi Ambarwati, S.Th.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaCari dan Atasi Penyebab Bayi Menangis Pengumuman setelahnyaTeknik Penyajian Gambar “Fashion Ilustration”

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930